Kebakaran Besar Melanda Gedung Apartemen Spanyol, Empat Orang Tewas

Yati Maulana | Jum'at, 23/02/2024 23:05 WIB

Kebakaran Besar Melanda Gedung Apartemen Spanyol, Empat Orang Tewas Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi kebakaran gedung apartemen di Valencia, Spanyol 22 Februari 2024. Foto: Reuters

VALENCIA - Kebakaran besar melanda sebuah blok apartemen besar di kota Valencia, Spanyol timur, menewaskan sedikitnya empat orang dan memusnahkan gedung tersebut dengan angin kencang yang memicu kobaran api.

Sebanyak 14 orang diyakini hilang setelah kebakaran, yang menurut pakar asuransi mungkin menyebar begitu cepat karena penggunaan bahan plastik pada fasadnya, sebuah komentar yang membangkitkan kenangan akan kebakaran mematikan Menara Grenfell di London pada tahun 2017.

Petugas pemadam kebakaran dengan masker dan tangki oksigen berjalan melalui gedung yang hangus pada hari Jumat, mencari mayat atau orang yang selamat beberapa jam setelah kobaran api mulai terjadi pada Kamis malam.

Angin terkadang sangat kencang sehingga membuat air yang disemprotkan oleh petugas pemadam kebakaran terdorong mundur, kata seorang polisi.
Saat mengunjungi lokasi kejadian pada hari Jumat, Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan warga "kehilangan segalanya dalam hitungan menit akibat kebakaran hebat ini."

Baca juga :
Jumlah Korban Tewas Serangan di Moskow Jadi 133 orang

Para saksi mata mengatakan api hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk melahap gedung di El Campanar, sebuah lingkungan makmur di kota terbesar ketiga di Spanyol.

Baca juga :
Banjir dan Tanah Longsor di Sumatera Barat, 19 Tewas dan Tujuh Orang Hilang

Warga yang panik bergegas ke balkon untuk meminta bantuan ketika bara api berjatuhan ke tanah. Setidaknya dua orang diselamatkan dari balkon mereka dengan menggunakan derek.

“Saya menyuruh putri dan ibu mertua saya untuk pergi, orang lain tetap tinggal di dalam,” kata seorang warga bernama Adriana kepada Reuters.

Baca juga :
Coco si Kucing, Ditemukan Selamat setelah Delapan Hari Kebakaran Besar Spanyol

Wali Kota Valencia, Maria Jose Catala, mengatakan empat orang dipastikan tewas dan 15 orang terluka, enam di antaranya petugas pemadam kebakaran.

Layanan darurat mengatakan kebakaran mulai terjadi di lantai empat tetapi tidak menyebutkan penyebabnya.

Bangunan tersebut, yang terdiri dari dua menara yang dihubungkan oleh apa yang digambarkan oleh pengembangnya sebagai "lift panorama" memiliki beberapa lusin flat dan selesai pada tahun 2008, kata para pejabat. Kota itu memiliki 138 apartemen, lapor surat kabar El Pais.

Esther Puchades, perwakilan lembaga inspeksi asuransi APCAS, mengatakan kepada TVE bahwa kurangnya firewall dan penggunaan bahan plastik poliuretan pada fasad akan berkontribusi pada cepatnya penyebaran api.

Video promosi tahun 2007 oleh pengembang gedung menyoroti "bahan inovatif" yang digunakan untuk melapisi eksterior gedung, yang telah melewati "pemeriksaan kualitas yang ketat".

Penyebaran kebakaran tahun 2017 di blok Menara Grenfell di London barat yang menewaskan sekitar 80 orang setelah gangguan listrik diduga disebabkan oleh penggunaan lapisan luar yang sangat mudah terbakar.

Kebakaran di Valencia terjadi setelah kebakaran mematikan pada bulan Oktober di sebuah klub malam di wilayah selatan Murcia yang menewaskan 13 orang.

Valencia telah menetapkan tiga hari berkabung dan menunda dimulainya festival tahunan selama sebulan.

Catala mengatakan 131 rumah sementara sedang disiapkan untuk warga dan seorang pejabat daerah mengatakan mereka akan menerima uang untuk biaya sehari-hari dan sewa.

KEYWORD :
Kebakaran Apartemen Valencia Spanyol Korban Tewas