• News

Covid Australia Capai Rekor, Menkeu Juga Terinfeksi

Yati Maulana | Sabtu, 08/01/2022 10:33 WIB
Covid Australia Capai Rekor, Menkeu Juga Terinfeksi Wisatawan menerima tes untuk penyakit coronavirus (COVID-19) di fasilitas pengujian pra-keberangkatan, ketika negara-negara bereaksi terhadap varian baru coronavirus Omicron, di luar terminal internasional di Bandara Sydney di Sydney, Australia, 29 November 2021. REUTERS/Loren Elliott

JAKARTA - Menteri Keuangan Australia, Josh Frydenberg mengatakan dites positif Covid-19 dan kini menjalani isolasi. Josh bergabung bersama pejabat senior pemerintah lainnya yang ikut tertular penyakit itu di tengah rekor jumlah kasus varian Omicron yang sangat menular.

"Seperti ribuan orang Australia, hari ini saya dinyatakan positif Covid-19," tulis Frydenberg dalam pesan singkat yang diunggahnya ke Twitter dan Facebook pada Jumat malam, seperti dikutip dari Reuters.

"Saya memiliki gejala yang sama dan saya mengisolasi diri dengan keluarga saya," tambahnya tanpa merinci atau mengungkapkan varian mana yang didapnya.

Anggota parlemen Australia tingkat tinggi lainnya termasuk Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce dan Menteri Pertahanan Peter Dutton telah tertular dan sedang dalam masa penyembuhan.

Dalam aturan dan pedoman Covid Australia saat ini, orang yang dinyatakan positif dan mereka yang dianggap "kontak dekat" harus mengisolasi diri selama tujuh hari.

Australia telah mencatat rekor jumlah infeksi harian baru berturut-turut, dengan lonjakan kasus di dua negara bagian terpadat seperti dilaporkan hari ini.

New South Wales melaporkan 45.098 kasus baru, dari rekor hari sebelumnya 38.625 kasus. Sementara Victoria, tuan rumah turnamen tenis Australia Terbuka mendatang di Melbourne, mencatat kasus harian lebih dari dua kali lipat menjadi 51.356. Negara bagian melaporkan total 18 kematian akibat Covid-19 pada hari yang sama.

Bahkan dengan enam negara bagian dan teritori lain di negara itu yang belum melaporkan jumlahnya, total hanya New South Wales dan Victoria sebanyak 96.454 kasus, memecahkan rekor nasional hari sebelumnya sebanyak lebih dari 78.000 kasus.

Para pemimpin Australia, termasuk Frydenberg, telah mendesak negara itu untuk beralih dari strategi penguncian stop-start sekarang karena lebih dari 90 persen populasi berusia di atas 16 tahun telah divaksinasi sepenuhnya.

Tetapi para pemimpin negara telah menerapkan kembali pembatasan di tengah meledaknya jumlah kasus, sebagian besar dari varian Omicron yang sangat mudah menular. Sehari sebelumnya, New South Wales juga melanjutkan berbagai aturan termasuk larangan ke bar.

FOLLOW US