• Ototekno

Cara Mudah Meningkatkan Wi-Fi Rumah

Nadia Agustina | Minggu, 27/09/2020 22:29 WIB
Cara Mudah Meningkatkan Wi-Fi Rumah Ilustrasi Router Wifi

Katakini.com- Bagaimana rasa jengkelnya ketika WIFI yang kita andalkan saat bekerja, tiba-tiba alami gangguan. Pasti sangat mengganggue kerja. Apalagi era pandemi covid-19 saat ini yang kebanyakan bekerja dari rumah.

Berikut beberapa tips dan trik mudah dari Kaspersky untuk mengatasinya

1. Analisis Masalah Awal

Pada tahap ini, Anda perlu mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah tersebut. Apakah benar-benar sinyal Wi-Fi yang bermasalah? Atau mungkin hal lain, seperti kecepatan koneksi yang rendah dari ISP Anda?

Mulailah dengan pemeriksa kecepatan seperti Speedtest.net atau nPerf.com. Jika Anda mendapatkan kecepatan transmisi data yang bagus di dekat router, tetapi buruk di dapur, maka, seperti yang dikatakan orang-orang admin, masalahnya terdapat di pihak Anda. Jika demikian, sekarang saatnya untuk sudut pandang lain - menganalisis jaringan Wi-Fi Anda.

2. Lakukan percobaan pertama
Selanjutnya, cobalah bereksperimen dengan posisi router dan sudut antenanya untuk meningkatkan jangkauan. Nyatanya, ini merupakan metode paling sederhana, tidak memerlukan waktu ekstra, uang, atau keahlian khusus.

Misalnya, jika router Anda terletak di ceruk atau sejenis lemari, terutama yang terbuat dari logam, coba pindahkan ke tempat lain. Logam bukanlah teman terbaik Wi-Fi, dan begitu pula pada beton bertulang.

3. Konfigurasi Saluran
Wi-Fi beroperasi dalam serangkaian pita sempit, yang disebut saluran, dari spektrum radio. Beberapa saluran tersedia, meskipun jumlah perangkat yang ingin menggunakannya mungkin banyak. Oleh karena itu, pita paling populer - 2,4-GHz - dapat tersumbat oleh derau dari jaringan tetangga dan perangkat lain.

4. Pindah ke 5 GHz
Jika router Anda saat ini tidak mendukung pita 5-GHz, Anda dapat mencoba meningkatkan ke versi yang lebih modern dengan dukungan untuk standar 802.11ac (alias Wi-Fi 5). Itu bukan lagi barang mewah; model paling terjangkau mulai dari harga sekitar $ 50.

Saat ini, tidak perlu menggunakan 802.11ax (Wi-Fi 6) yang lebih canggih, yang mungkin masih cukup mahal. Meningkatkan ke Wi-Fi 6 kemungkinan akan memiliki dampak yang nyata hanya jika Anda memiliki banyak perangkat Wi-Fi yang haus lalu lintas di rumah.

FOLLOW US