• News

Penasihat Kebijakan Luar Negeri Trump Bertemu Pejabat Eropa di KTT NATO

Yati Maulana | Kamis, 11/07/2024 13:05 WIB
Penasihat Kebijakan Luar Negeri Trump Bertemu Pejabat Eropa di KTT NATO Keith Kellogg, penasihat keamanan nasional untuk Wakil Presiden Mike Pence, berbicara dalam Konvensi Nasional Partai Republik di Washington, AS, 26 Agustus 2020. REUTERS

WASHINGTON - Beberapa pejabat tinggi Eropa telah bertemu dengan penasihat kebijakan luar negeri utama Donald Trump selama KTT NATO yang sedang berlangsung di Washington minggu ini. Para sekutu Amerika bersiap untuk kemungkinan terpilihnya kembali mantan presiden tersebut.

Keith Kellogg, pensiunan letnan jenderal yang menjabat sebagai kepala staf Dewan Keamanan Nasional Trump, mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah bertemu dengan beberapa pejabat Eropa dalam beberapa hari terakhir, termasuk menteri luar negeri. Dia tidak mengungkapkan identitas para pejabat asing tersebut atau apa yang dibahas selama pembicaraan tersebut.

Kellogg, yang sering berhubungan dengan Trump, telah menekankan bahwa dia tidak mewakili mantan presiden tersebut atau tim kampanyenya.

Namun, para pejabat Eropa masih haus akan informasi apa pun yang dapat mereka peroleh mengenai kebijakan luar negeri Trump jika ia mengalahkan Presiden Partai Demokrat Joe Biden pada pemilu 5 November. Dalam beberapa bulan terakhir, diplomat asing rutin bertemu dengan pejabat pemerintahan Trump pada 2017-2021.

Di antara kekhawatiran utama di negara-negara Eropa adalah bagaimana Trump akan menangani perang di Ukraina dan hubungan Amerika dengan NATO. Mantan presiden tersebut dan sekutu-sekutunya telah menyatakan keraguannya mengenai pengiriman lebih banyak bantuan ke Ukraina, dan Trump telah berulang kali mengkritik negara-negara NATO karena terlalu sedikit mengeluarkan dana untuk pertahanan.

Kinerja debat Biden yang buruk pada bulan lalu tampaknya telah meningkatkan peluang Trump. Mantan presiden tersebut unggul atas Biden dengan selisih 2,1 poin persentase secara nasional, menurut rata-rata jajak pendapat yang diselenggarakan oleh situs web FiveThirtyEight, sementara Biden unggul tipis menjelang debat tersebut.

Meskipun Kellogg tidak mengungkapkan dengan siapa dia bertemu, dia memposting, membuka tab baru sebuah gambar di X pada hari Senin tentang apa yang dia gambarkan sebagai "diskusi informal" dengan Ketua Parlemen Ukraina Ruslan Stefanchuk.

Pada bulan Juni, Reuters melaporkan bahwa Kellogg dan penasihat Trump lainnya telah menyampaikan rencana kepada mantan presiden tersebut untuk mengakhiri perang Ukraina dengan mengkondisikan bantuan apa pun di masa depan ke Kyiv jika para pemimpin Ukraina setuju untuk melakukan pembicaraan damai dengan Moskow.

Tiga mantan pejabat kebijakan luar negeri Trump lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah didekati oleh delegasi Eropa mengenai pertemuan selama KTT NATO, meskipun pertemuan tersebut tidak dilakukan, terutama karena alasan logistik. Para pejabat tersebut meminta anonimitas untuk membahas diskusi pribadi.

Secara terpisah, Perdana Menteri Makedonia Utara Hristijan Mickoski bertemu dengan Richard Grenell, mantan penjabat direktur Intelijen Nasional di bawah Trump, menurut gambar yang diposting Mickoski di Facebook pada hari Senin.

FOLLOW US