• News

Presiden Terpilih Iran Tegaskan Kembali Sikap Anti-Israel

Yati Maulana | Rabu, 10/07/2024 22:05 WIB
Presiden Terpilih Iran Tegaskan Kembali Sikap Anti-Israel Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian berbicara saat berkumpul dengan para pendukungnya di selatan Teheran, Iran 6 Juli 2024. WANA via REUTERS

TEHERAN - Presiden terpilih Masoud Pezeshkian menegaskan kembali sikap anti-Israel Iran pada hari Senin, dengan mengatakan gerakan perlawanan di seluruh wilayah tidak akan membiarkan "kebijakan kriminal" Israel terhadap Palestina berlanjut.

“Republik Islam selalu mendukung perlawanan masyarakat di kawasan terhadap rezim Zionis tidak sah,” kata Pezeshkian dalam pesannya kepada Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran.

Komentar tersebut mengisyaratkan tidak ada perubahan dalam kebijakan regional pemerintahan baru di bawah pemerintahan Pezeshkian yang relatif moderat, yang mengalahkan saingan garis kerasnya dalam pemilu putaran kedua pekan lalu.

“Saya yakin bahwa gerakan perlawanan di wilayah ini tidak akan membiarkan rezim ini melanjutkan kebijakan penghasutan dan kriminalnya terhadap rakyat tertindas di Palestina dan negara-negara lain di wilayah tersebut,” kata Pezeshkian yang dikutip oleh media Iran.

Hizbullah Muslim Syiah dan Hamas Muslim Sunni Palestina adalah bagian dari kelompok faksi yang didukung Iran di wilayah yang dikenal sebagai Poros Perlawanan.

Israel tidak segera mengomentari pernyataan Pezeshkian.
Perang Israel melawan Hamas di Gaza dimulai setelah kelompok militan Islam yang menguasai daerah kantong Palestina memimpin serangan terhadap Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Lebih dari 38.000 warga Palestina tewas dalam serangan militer Israel dan hampir 88.000 orang terluka, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

FOLLOW US