• News

18 Desember Hari Bahasa Arab, Bahasa `Pengembara` Hadir Lebih dari Seribu Tahun Lalu

Tri Umardini | Minggu, 18/12/2022 09:30 WIB
18 Desember Hari Bahasa Arab, Bahasa `Pengembara` Hadir Lebih dari Seribu Tahun Lalu 18 Desember Hari Bahasa Arab, Bahasa `Pengembara` Hadir Lebih dari Seribu Tahun Lalu. (FOTO: EDARABIA)

JAKARTA - Hari Bahasa Arab atau Arabic Language Day dirayakan setiap 18 Desember untuk mengakui pentingnya bahasa ini dan penggunaannya secara luas di seluruh dunia.

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia. Pada 18 Desember 1993, PBB mengakui bahasa Arab sebagai salah satu dari enam bahasa resmi PBB.

Bahasa Arab telah ada sejak lebih dari seribu tahun lalu dan terus mendapatkan penutur baru.

Selain penutur asli, lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia belajar Bahasa Arab untuk mempelajari Al-Quran.

Saat ini, Bahasa Arab dituturkan oleh lebih dari 400 juta orang di 25 negara. Banyak juga kata-kata di berbagai bahasa di dunia yang berasal dari akar Bahasa Arab.

** Sejarah Hari Bahasa Arab

Salah satu bahasa paling kuno di dunia dan bahasa keenam yang paling umum digunakan di dunia, Bahasa Arab berasal dari bahasa Proto-Semit di Timur Tengah pada abad ke-7.

Kata “Arab” berarti “pengembara”, mengisyaratkan akar bahasa tersebut pada suku-suku pengembara di Jazirah Arab saat ini.

Sebagian besar pengetahuan kita tentang Bahasa Arab Klasik berasal dari Al-Quran, kitab suci Islam. Kitab suci adalah catatan besar pertama dari Bahasa Arab tertulis dan memberikan wawasan yang berharga tentang struktur bahasa lama.

Saat ini, lebih dari satu miliar Muslim mempelajari Bahasa Arab untuk membaca Al-Quran dalam bahasa aslinya.

Seperti bahasa Semit lainnya, Bahasa Arab ditulis dari kanan ke kiri dan mengandung beberapa bunyi yang tidak ada dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

"Alfabet" Bahasa Arab yang indah bukanlah alfabet sama sekali, setidaknya tidak dalam pengertian fonetis yang biasa kita gunakan.

Dalam sistem penulisan abjad, setiap simbol melambangkan konsonan, dengan aksen yang menghasilkan bunyi vokal. Alih-alih huruf kapital, penekanan dibuat melalui penggunaan tanda kutip.

Sebagian besar kata dibangun dari akar dasar yang terkait secara tematis. Semua kata yang berhubungan dengan menulis, misalnya, mengandung huruf "k, t, b", ditambah dengan bagian kata tambahan. Dengan cara ini, Anda dapat memahami kategori kata di dunia dengan mempelajari akarnya.

Meskipun belajar Bahasa Arab mungkin menantang penutur bahasa Inggris pada umumnya, kita dapat berterima kasih kepada bahasa Arab untuk sejumlah kata bahasa Inggris yang penting dan berguna: algebra, alcohol, coffee, loofah, tariff, cotton, dan banyak lagi kata bahasa Inggris yang berasal dari akar bahasa Arab.

Pada tanggal 18 Desember 1993, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui bahasa Arab sebagai salah satu dari enam bahasa resmi PBB, mengakui pentingnya dan penggunaannya secara luas di seluruh dunia.

** Garis Waktu Hari Bahasa Arab

1. Tahun 512 Prasasti Arab Tercatat Pertama
Sebuah prasasti di sebuah kuil dekat Aleppo, Suriah adalah catatan tulisan Arab tertua yang diketahui.

2. Tahun 610 Lahirnya Islam
Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya, menandai lahirnya salah satu agama terbesar di dunia.

3. Tahun 793 Bahasa Arab diformalkan
Bahasanya diformalkan dan para sarjana Arab mulai menerjemahkan karya-karya dari Yunani, India, dan Cina.

4. Tahun 840 Kodifikasi Tata Bahasa Arab
Sibovayh, seorang sarjana Persia, menyusun tata bahasa Arab dan menulis kamus bahasa Arab pertama.
(*)

 

FOLLOW US