• Sport

Ronaldo vs Messi Siapa yang Lebih Baik? Cek Angka Statistik di Piala Dunia dan Kompetisi Klub

Nitro Luindimar | Jum'at, 25/11/2022 11:30 WIB
Ronaldo vs Messi Siapa yang Lebih Baik? Cek Angka Statistik di Piala Dunia dan Kompetisi Klub Ronaldo vs Messi Siapa yang Lebih Baik? Cek Angka Statistik di Piala Dunia dan Kompetisi Klub (FOTO: GETTY IMAGES)

JAKARTA - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akan memainkan Piala Dunia kelima mereka, dan mungkin terakhir, di Qatar.

Pemain Argentina dan Paris Saint-Germain, Lionel Messi (35) mengumumkan pada Oktober lalu bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi yang terakhir.

Sementara pemain Portugal dan Manchester United berusia 37 tahun, Cristiano Ronaldo belum mengomentari masa depan internasionalnya.

Selama lebih dari satu dekade sekarang, dunia sepak bola memperdebatkan siapa yang lebih baik.

Diskusi kemungkinan besar akan berlanjut lama setelah mereka gantung sepatu.

Saat kedua raksasa permainan ini mencapai masa senja dalam karier mereka, para penggemar sepak bola melihat penampilan mereka selama lebih dari 17 tahun bermain sepak bola di level tertinggi.

** Antarbangsa

Cristiano Ronaldo telah memainkan 191 pertandingan internasional dibandingkan dengan Lionel Messi 164, sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia Argentina melawan Arab Saudi.

Karier internasional mantan bintang Real Madrid itu dimulai pada 2003, sementara Lionel Messi, yang meninggalkan Barcelona tahun lalu ke Paris, memainkan pertandingan internasional pertamanya dua tahun kemudian melawan Hungaria.

Dalam hal rekor mencetak gol, Cristiano Ronaldo jauh di depan rivalnya dari Argentina.

Bintang Manchester United itu telah mencetak 117 gol, sebuah rekor. Messi memiliki 90 gol atas namanya.

Kedua pemain memiliki satu kompetisi regional utama di tingkat internasional, dengan Cristiano Ronaldo memenangkan Kejuaraan Eropa pada 2016 dan Lionel Messi merebut Copa America pada 2021.

** Sejarah Piala Dunia

Di ajang sepak bola paling bergengsi itu, Lionel Messi telah memainkan 19 pertandingan, dua lebih banyak dari pesaingnya asal Portugal itu.

Cristiano Ronaldo kembali memimpin di departemen pencetak gol dengan tujuh gol, satu lebih banyak dari Messi.

Namun, di antara keduanya, hanya Lionel Messi yang mencapai final Piala Dunia, pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Raksasa sepak bola Amerika Selatan kalah dari Jerman di perpanjangan waktu 1-0.

Ada sedikit penghiburan bagi Cristiano Messi saat ia membawa pulang Bola Emas untuk penampilan terbaiknya di Piala Dunia di Brasil.

Sebaliknya, Cristiano Ronaldo pernah sekali mencapai babak semifinal, pada tahun 2006.

** Kompetisi klub

Cristiano Ronaldo telah mencetak 701 gol di semua kompetisi klub sementara Lionel Messi memiliki 695 – menjadikan mereka pencetak gol terbanyak di level klub dalam sejarah sepak bola.

Tetapi pemain Portugal itu telah memainkan 100 pertandingan lebih banyak daripada Lionel Messi, memberikan yang terakhir rata-rata permainan per gol yang lebih baik.

Namun, jika menyangkut assist, pemain Argentina berusia 35 tahun itu jauh melebihi Cristiano Ronaldo, dengan hampir 50 persen lebih banyak dari pemain Manchester United itu. (*)

 

FOLLOW US