• Hiburan

Kesempatan Langka, Film Avatar: The Way of Water Tayang di Bioskop China

Nitro Luindimar | Kamis, 24/11/2022 17:30 WIB
Kesempatan Langka, Film Avatar: The Way of Water Tayang di Bioskop China Kesempatan Langka, Film Avatar: The Way of Water Tayang di Bioskop China. (FOTO: CENTURY STUDIOS)

JAKARTA - Film Avatar: The Way of Water adalah salah satu dari sedikit film asing yang mendapatkan akses ke pasar China dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut rilis 20th Century Studios, sekuel yang telah lama ditunggu-tunggu dari blockbuster Avatar karya sutradara James Cameron akan dirilis di bioskop-bioskop China daratan pada 16 Desember 2022.

Film Avatar: The Way of Water akan dirilis di China pada hari yang sama dengan rilis globalnya, kata studio tersebut di akun Weibo resminya, Rabu (23/11/2022).

Ini menjadi salah satu dari sedikit film asing yang mendapatkan akses ke pasar China dalam beberapa bulan terakhir, dengan yang lainnya termasuk film terbaru dalam franchise Minions dan Where the Crawdads Sing dari Sony Pictures.

Film asing telah lama berjuang untuk mendapatkan tanggal rilis di China daratan karena kuota yang ketat pada jumlah film internasional yang diizinkan untuk ditayangkan dan banyak yang diblokir karena konten yang dianggap tidak pantas oleh regulator China.

Film blockbuster Hollywood baru-baru ini mengalami kesulitan mendapatkan izin untuk ditayangkan di China.

Enam film Marvel terbaru tidak muncul di China dan awal tahun ini, Black Panther: Wakanda Forever juga ditolak rilis di China.

Pengawasan yang meningkat terhadap film-film Hollywood telah terjadi bersamaan dengan meningkatnya studio film China yang membuat versi mereka sendiri dari blockbuster beroktan tinggi yang terkenal di studio AS.

Hit buatan China termasuk franchise Wolf Warrior dan sukses besar tahun lalu, The Battle at Changjin Lake, telah terbukti populer di kalangan penonton China yang ingin melihat lebih banyak cerita yang berpusat pada China di layar lebar.

Meskipun demikian, sejak penjualan tiket film Tiongkok mengungguli penjualan tiket AS untuk pertama kalinya pada tahun 2020, pasar film Tiongkok terpukul oleh pembatasan ketat COVID-19.

Bioskop di seluruh negeri sering diminta untuk menangguhkan operasi atau membatasi jumlah penonton.

Apalagi karena kasus terus bertambah, orang-orang di banyak kota di seluruh negeri menahan diri untuk tidak pergi ke bioskop.

Total pendapatan box office China untuk tahun ini hanya mencapai 28,27 miliar yuan China ($4 miliar) menurut aplikasi data bioskop China Dengta.

Ini adalah penurunan tajam dari tahun 2019 sebesar 64,15 miliar yuan ($8,9 miliar) atau bahkan tahun lalu sebesar 47,04 miliar ($6,5 miliar). (*)

 

FOLLOW US