• Sport

Kegembiraan Suporter Maroko dan Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar

Nitro Luindimar | Kamis, 24/11/2022 16:30 WIB
Kegembiraan Suporter Maroko dan Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar Suporter Maroko di stadion Al Bayt jelang Maroko vs Kroasia, 23 November 2022. (FOTO: AL JAZEERA)

JAKARTA - Emine al-Motakki tidak pernah membayangkan dia suatu hari akan menghadiri pertandingan Piala Dunia, itu bukan kesempatan yang didapat semua orang.

Pada Rabu (23/11/2022), terapis fisik Maroko berusia 27 tahun dari Marseille menghitung berkahnya.

“Merupakan suatu kehormatan untuk berada di sini,” katanya seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Saya memiliki pekerjaan yang bagus… jadi saya bisa menabung dengan baik.”

Mengenakan seragam tim Maroko dengan topeng singa, al-Motakki berbicara tentang biaya hidup yang melonjak di Prancis dan Maroko, di mana banyak yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan.

Mengunjungi Qatar untuk Piala Dunia di tengah krisis global membuat kesempatan itu menjadi lebih istimewa, katanya, menggambarkannya sebagai salah satu "momen terbaik" dalam hidupnya.

Saat penonton memenuhi stadion Al Bayt untuk pertandingan Grup F Maroko-Kroasia, kostum dan topeng berwarna-warni al-Motakki membuatnya menjadi magnet bagi penggemar lain, banyak dari mereka mengelilinginya untuk berswafoto – termasuk seorang anak kecil yang awalnya tampak ketakutan oleh al-Motakki.

Kembali ke Prancis, kata fanatik sepak bola yang menggambarkan dirinya sendiri, dia menghadiri semua pertandingan Olympique de Marseille dan mengambil setiap kesempatan berdandan untuk acara tersebut.

“Saya suka membuat orang bahagia,” kata al-Motakki.

Dia juga penggemar tim nasional Prancis, jadi ketika ditanya siapa yang akan dia dukung, dia mengatakan itu seperti "memilih antara ibu dan ayah saya."

Namun pada hari Rabu, dia siap untuk negara asalnya.

Memang, venue dan area di luar stadion didominasi oleh suporter Atlas Lions, sebutan tim Maroko.

Meski panas, stadion dipenuhi dengan warna dan kegembiraan – lautan merah dan hijau, nuansa bendera Maroko, menyapu tribun: keluarga dengan anak-anak, pasangan, dan sekelompok teman.

Massa disambut oleh kelompok dabke Al Salam dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki.

Orang-orang Maroko bergegas untuk berfoto bersama mereka sementara beberapa memegang bendera Palestina di samping bendera Maroko.

Nabeela dari Rabat, dan seorang warga Qatar, mengatakan dia “sangat bangga” dengan timnya yang berhasil lolos ke Piala Dunia.

“Saya sangat yakin kami akan melakukannya dengan baik hari ini,” kata pria berusia 31 tahun yang bekerja di sebuah perusahaan energi.

Tapi persahabatan regional juga terlihat. Nabeela mengatakan dia "sangat bahagia untuk Saudi", dan kekalahan mengejutkan mereka melawan Argentina pada hari Selasa "akan meningkatkan kepercayaan diri tim kami juga".

Pada hari Selasa (22/11/2022), Tunisia juga mengejutkan Denmark dengan menahan mereka bermain imbang tanpa gol.

** Suporter Kroasia juga Ada

Sementara itu, jumlah suporter Kroasia kalah jumlah. Beberapa di antaranya mengenakan thobes putih yang dibuat khusus yang dihiasi dengan kotak merah yang mengingatkan pada bendera nasional mereka – mungkin cara mereka untuk menyamai dan merayakan kesempatan Piala Dunia yang diadakan di negara Arab untuk pertama kalinya.

Satu pasangan yang berbicara dengan Al Jazeera mengatakan mereka bersenang-senang di Qatar.

Maya (56) dan Davor (61), mengatakan mereka tinggal di kapal pesiar yang berlabuh di Doha.

“Keamanan, keramahtamahan … dan transportasi sangat sempurna,” kata Davor.

Turnamen ini adalah pertama kalinya mereka di Timur Tengah.

“Saya pikir ini luar biasa Piala Dunia ada di wilayah ini,” kata Maya.

“Ini bagus untuk pertukaran budaya. Orang akan tertarik untuk bepergian ke negara lain di Teluk.”

Ditanya siapa yang akan menang hari ini, Davor tersenyum mengatakan dia tidak ingin "membawa sial". Lalu dia terbuka. “Saya pikir Kroasia… memiliki tim yang lebih baik di atas kertas.”

Sementara itu, al-Motakki mengaku yakin timnya akan menjadi pemenang. “Itu akan menjadi 2-1." (*)

FOLLOW US