• News

17 November Hari Filsafat Sedunia, Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Dunia

Nitro Luindimar | Kamis, 17/11/2022 09:30 WIB
17 November Hari Filsafat Sedunia, Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Dunia 17 November Hari Filsafat Sedunia, Dorong Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Dunia. (FOTO: UWINNIPEG)

JAKARTA - Hari Filsafat Sedunia atau World Philosophy Day dirayakan pada hari Kamis ketiga bulan November.

Tahun ini, hari tersebut jatuh pada tanggal 17 November.

Hari Filsafat Sedunia pertama kali dirayakan secara terbatas di lingkungan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada 21 November 2002.

Namun, melihat pentingnya fisafat bagi kemajuan dunia, UNESCO kemudian mendeklarasikan Hari Filsafat Sedunia pada tahun 2005.

Adanya hari ini diharapkan dapat mempopulerkan filsafat ke seluruh dunia.

** Sejarah Hari Filsafat Sedunia

Dikutip dari nationaltoday, Hari Filsafat Sedunia juga bertujuan untuk mendorong pemikiran-pemikiran yang rasional dan kritis, yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang dunia.

Dalam peluncurannya, UNESCO menekankan bahwa filsafat sangat penting bagi kaum muda.

Pada tahun 2007, UNESCO menerbitkan dokumen pertemuan dan program multibahasa setebal 726 halaman (Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol) tentang Catatan Konferensi Umum, sesi ke-33, Paris, 2005.

Ini adalah Proklamasi Filsafat Dunia Hari.

Dalam peluncuran Hari Filsafat Sedunia pada tahun 2005, UNESCO menekankan bahwa filsafat sangat penting bagi kaum muda dan disiplin ilmu yang menginspirasi analisis objektif dan evaluasi masalah untuk membuat penilaian.

Hari Filsafat Sedunia mendorong pengembangan pemikiran rasional kritis yang independen, yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang dunia, mendorong perdamaian dan kesabaran. Konferensi Umum UNESCO pada tahun 2005 memiliki keyakinan bahwa menanamkan konsep Hari Filsafat Sedunia dalam masyarakat akan mempopulerkan filsafat, khususnya dalam mengajarkannya kepada dunia.

Setelah perayaan pertama pada tahun 2002, UNESCO memandang penting untuk melembagakan perayaan refleksi filosofis di seluruh dunia pada tahun 2005.

Perayaan tahunan ini mendukung orang-orang di seluruh dunia untuk berpartisipasi dan berbagi warisan budaya masing-masing untuk sinkronisitas yang otentik dan damai di dunia.

** Garis Waktu Hari Filsafat Sedunia

1. Abad ke-6 SM Awal mula
Filsafat Barat dimulai dengan Thales of Miletus.

2. Tahun 2002 Perayaan Pertama Hari Filsafat Sedunia
UNESCO memperkenalkan Hari Filsafat Sedunia pada 21 November 2002.

3. Tahun 2005 UNESCO Melembagakan Hari Filsafat Sedunia
UNESCO mengumumkan perayaan tahunan Hari Filsafat Dunia.

4. Tahun 2016 Masa Lalu dan Sekarang
Hari ini segera mengikuti perayaan Hari Toleransi Internasional. (*)

 

FOLLOW US