• News

4 Oktober Hari Hewan Sedunia, Peduli Kesejahteraan Hewan di Sekitar Kita

Trinilo Umardini | Selasa, 04/10/2022 06:01 WIB
4 Oktober Hari Hewan Sedunia, Peduli Kesejahteraan Hewan di Sekitar Kita 4 Oktober Hari Hewan Sedunia, Peduli Kesejahteraan Hewan di Sekitar Kita. (FOTO: SHUTTERSTOCK)

JAKARTA - Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day diperingati setiap tanggal 4 Oktober tiap tahunnya.

Hari ini merupakan salah satu kesempatan spesial untuk lebih memperhatikan kesejahteraan hewan di seluruh dunia.

Dikutip dari nationaltoday, Hari Hewan Sedunia awalnya dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund atau Man and Dog.

Hari Hewan Sedunia pertama dilaksanakan tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace di Berlin, Jerman. Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara tersebut.

Awalnya, penyelenggara acara merencanakan Hari Hewan Sedunia akan dilaksanakan tanggal 4 Oktober, namun Sport Palace yang pada saat itu merupakan satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung ribuan pengunjung, tidak tersedia pada tanggal 4 Oktober.

Lalu pada tahun-tahun berikutnya Hari Hewan Sedunia terus dilaksanakan pada bulan Maret. Hingga akhirnya di tahun 1929 Hari Hewan Sedunia diselenggarakan pada 4 Oktober sesuai dengan rencana awal.

Tanggal 4 Oktober dipilih sebagai Hari Hewan Sedunia karena hari itu merupakan hari wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi.

Ia adalah santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Bahkan legenda mengatakan bahwa Santo Fransiskus mampu berbicara dengan hewan. Maka dari itu, hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi secara resmi diadopsi sebagai Hari Hewan Sedunia.

Hari Hewan Sedunia, Ini Sosok Pencetusnya

Heinrich Zimmermann merupakan pencetus utama Hari Hewan Sedunia. Ia adalah seorang jurnalis, editor, penulis dan aktivis perlindungan hewan. Setiap tahunnya Zimmermann bekerja tanpa lelah untuk mempromosikan Hari Hewan Sedunia.

Akhirnya, pada bulan Mei 1931 di sebuah kongres organisasi perlindungan hewan dunia di Kota Florence, Italia, proposalnya untuk mencetuskan 4 Oktober menjadi Hari Hewan Sedunia diterima dengan suara bulat.

Sebagai penulis dan penerbit dari majalah Mensch und Hund atau Man and Dog, ia menggunakan majalahnya untuk mempromosikan kesejahteraan hewan kepada masyarakat umum dan membentuk Komite Hari Hewan Sedunia.

Hari Hewan Sedunia, Bagaimana Cara Merayakannya?

Hari Hewan Sedunia dirayakan dengan cara yang berbeda di setiap negara. Karena Hari Hewan Sedunia ini merupakan salah satu kesempatan untuk memperhatikan semua hewan beserta masalah-masalahnya di negara masing-masing.

Dilansir dari situs resmi WorldAnimalDay, partisipasi dalam merayakan Hari Hewan Sedunia makin berkembang setiap tahun, dengan berbagai macam acara inspiratif yang diadakan di semakin banyak negara. Banyak sekali cara yang mudah untuk memperingati Hari Hewan Sedunia, yakni dengan:

Mengadakan acara kesadaran dan pendidikan mengenai hewan
Mengadakan acara adopsi hewan
Mengadakan acara kesadaran dan vaksinasi pencegahan rabies
Meningkatkan kesadaran tentang masalah kesejahteraan hewan terancam punah (*)

 

FOLLOW US