• Ototekno

Tutorial Kirim Foto dan Video di WhatsApp Web dengan Fitur View Once

Trinilo Umardini | Rabu, 21/09/2022 11:30 WIB
Tutorial Kirim Foto dan Video di WhatsApp Web dengan Fitur View Once Tutorial Kirim Foto dan Video di WhatsApp Web dengan Fitur View Once. (FOTO: HO/IST)

JAKARTA - Aplikasi perpesanan WhatsApp termasuk WhatsApp Web merilis fitur View Once atau sekali lihat demi keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Sebelumnya, fitur sekali lihat ini sudah dimiliki oleh Snapchat hingga Instagram, hingga akhirnya WhatsApp termasuk WhatsApp Web ikut merilis fitur tersebut.

Tentu fitur sekali lihat ini memberikan keamanan terkait privasi pengguna.

Untuk diketahui, fitur sekali lihat atau View Once di WhatsApp akan memperlihatkan foto atau video hanya satu kali saat si penerima membukanya.

Penerima foto atau video yang dikirim dengan fitur sekali lihat tidak akan bisa kembali melihat foto atau video jika sudah membukanya sekali.

Selain itu, WhatsApp tidak akan menyimpan foto atau video ke galeri penerima, tidak seperti biasanya yang secara otomatis tersimpan.

Dengan begitu, pengirim foto atau video tidak cemas bahwa si penerima akan meneruskan foto atau video ke kontak WhatsApp lain.

Ini lah yang menjadi tujuan WhatsApp dalam meluncurkan fitur view once demi keamanan para penggunanya.

Jika penerima foto atau video dari fitur view once ini tidak membuka pesan selama 14 hari, maka secara otomatis akan terhapus.

Selain menjaga privasi pengguna, dengan fitur View Once bisa menghemat memori internal baik pengirim dan penerima pesan tersebut.

Penerima tak perlu lagi repot-repot menghapus foto atau video yang diterimanya melalui WhatsApp.

Simak Tutorial Cara Menggunakan Fitur View Once atau sekali lihat di WhatsApp Web:

1. Luncurkan WhatsApp Web

2. Cari kontak yang dituju yang ingin dikirimi foto sekali lihat

3. Pilih foto atau video melalui galeri seperti biasa melalui ikon attachment (bentuk papperclip atau penjepit kertas)

4. Di samping kolom caption sebelum akan mengirim foto/video akan terdapat ikon angka "1", klik ikon angka "1" untuk menggunakan fitur view once kemudian muncul tulisan "Foto disetel untuk sekali dilihat"

5. Kirim foto atau video ke kontak dengan ikon send berwarna hijau di sebelah kanan bawah.

Penerima foto/video hanya bisa melihat satu kali saat ia sudah membukanya.

Cara tersebut juga bisa dilakukan di WhatsApp Android dan iOS.

Pengguna tidak perlu khawatir jika penerima pesan fitur sekali lihat akan mencoba untuk menangkap layar atau screenshoot.

Sebab, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang akan memblokir saat penerima fitur sekali lihat mencoba untuk menscreenshoot. (*)

 

FOLLOW US