• Gaya Hidup

Hari Masyarakat Adat Internasional, 10 Kutipan Bijak dari Tokoh Dunia untuk Status Media Sosial

Nitro Luindimar | Selasa, 09/08/2022 10:40 WIB
Hari Masyarakat Adat Internasional, 10 Kutipan Bijak dari Tokoh Dunia untuk Status Media Sosial Hari Masyarakat Adat Internasional, 10 Kutipan Bijak dari Para Tokoh Dunia untuk Status di Media Sosial. (FOTO: FREEPIK)

JAKARTA - Hari Masyarakat Adat Internasional atau International Day of the Worlds Indigenous People dirayakan setiap 9 Agustus.

Tujuan adanya Hari Masyarakat Adat Internasional ini adalah agar masyarakat dunia dapat meningkatkan kesadarannya dalam melindungi hak-hak Masyarakat Adat Sedunia.

Tahun ini, tema Hari Masyarakat Adat Internasional 2022 adalah `Peran Perempuan Adat dalam Pelestarian dan Transmisi Pengetahuan Tradisional`.

Tema ini menekankan peran yang dimainkan perempuan masyarakat adat dalam meneruskan tradisi dan budaya mereka.

Merayakan Hari Masyarakat Adat Internasional 2022 tak ada salahnya kita menyebarkan kesadaran menghargai hak-hak adat masyarakat adat dengan mengunggah Kutipan Bijak yang cocok untuk dijadikan status di media sosial (medsos).

Berikut 10 Kutipan Bijak tentang masyarakat adat dari para Tokoh Dunia, cocok untuk status di media sosial:

1. Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! -Ir. Soekarno.

2. Jika seni bertujuan untuk memelihara akar dari budaya kita, masyarakat harus membiarkan seniman bebas mengikuti visi mereka masing-masing kemanapun hal itu membawa mereka. -John F. Kennedy.

3. Dan modern adalah juga kesunyian manusia yatim-piatu dikutuk untuk membebaskan diri dari segala ikatan yang tidak diperlukan: adat, darah, bahkan juga bumi, kalau perlu juga sesamanya. - Pramoedya Ananta Toer.

4. Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia. - Ki Hadjar Dewantara.

5. Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat ini supaya utuh tidak retak. - Soekarno.

6. Kita disatukan oleh persaudaraan adat. Tidak pantas kita bermusuhan. - Dzikry el Han.

7. Adat itu peninggalan leluhur. Dibuat untuk kebaikan manusia. Untuk apa kau lawan? Kau tidak akan menang. - Oka Aurora.

8. Maafkan dia, karena dia percaya bahwa adat istiadat sukunya adalah hukum alam! - George Bernard Shaw.

9. Adat mempunyai kekuatan yang besar. - Marcus Tullius Cicero.

10. Adat istiadat telah membuat tarian kadang-kadang perlu bagi seorang pria muda; oleh karena itu pikirkanlah sementara Anda mempelajarinya, agar Anda dapat belajar melakukannya dengan baik, dan tidak menjadi konyol, meskipun dalam tindakan yang konyol. - Lord Chesterfield. (*)

FOLLOW US