• Bisnis

Tips Atur Gaji Bulanan untuk Investasi di Masa Depan

Nitro Luindimar | Minggu, 03/07/2022 10:05 WIB
Tips Atur Gaji Bulanan untuk Investasi di Masa Depan Tips Atur Gaji Bulanan untuk Investasi di Masa Depan. (FOTO: SHUTTERSTOCK)

JAKARTA - Bisa menikmati hidup dengan membeli barang dan atau pergi ke tempat yang diinginkan dengan modal uang dari gaji tentu menjadi keinginan setiap orang.

Saat bersamaan, kondisi keuangan yang baik di masa depan dengan memiliki investasi, menjadi harapan.

Lalu bagaimana bisa mewujudkan?

Dikutip dari Bareksa.com, Financial Planner dan Investment Coach Bareksa, Prita Ghozie mengatakan kuncinya ada pada bagaimana pengendalian diri, yakni memisahkan antara keinginan serta harapan yang ingin diwujudkan secara nyata.

"Kalau belum kendalikan keinginan dibantu sistem. Dengan pembagian pos-pos yang mudah yakni living, saving, playing," kata Prita dalam Bareksa Investream Eps 14.

Ia memberikan contoh pembagian penghasilan yakni alokasi 50 persen untuk kebutuhan harian (living) kemudian keinginan atau hiburan (playing) 20 persen.

"Yang 30 persen saving jangan diutak-atik. Ini untuk dana darurat dan juga dana jangka menengah panjang," kata Prita.

Produk-produk investasi yang tersedia di platform Bareksa, lanjut Prita, dapat dipertimbangkan.

"Misal untuk dana darurat dengan reksadana pasar uang dari Syailendra Sharia Money Market dan untuk umroh dua tahun lagi kan antara lain ada reksadana dari Sucor, Trimegah, Bahana," jelasnya.

Sementara untuk rencana jangka menengah Prita mengatakan investor dapat memilih Bareksa Emas misalnya untuk modal nikah pada lima tahun lagi.

"Untuk jangka panjang ambil reksadana saham," kata Prita.

Dengan demikian, Prita mengatakan penghasilan yang diperoleh tiap bulan, penggunaannya dapat terpecah antara kebutuhan dan keinginan.

"Enggak usah pusing mikir kebutuhan atau kemauan habiskan uang playing. Dengan begitu aku pastikan kamu aman dana darurat jangka pendek menengah dan panjang," ujarnya.

3 Pilihan Investasi

Terkait penjelasan Prita di atas, berikut ringkasan mengenai tiga pilihan investasi yang tersedia di Bareksa:

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional.

Tersedia ratusan sekitar 210 produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut.
Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel.

Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Untuk tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan 6 seri SBN Ritel.

Jadwal Penawaran Seri SBN Ritel 2022

Seri SBN Ritel

Masa Penawaran

Obligasi Negara Ritel ORI021

24 Januari - 17 Februari 2022

Sukuk Negara Ritel SR016

25 Februari - 17 Maret 2022

Savings Bond Ritel SBR011

25 Mei - 16 Juni 2022

Sukuk Negara Ritel SR017

19 Agustus - 14 September 2022*

Obligasi Negara Ritel ORI022

26 September - 20 Oktober 2022*

Sukuk Tabungan ST009

28 Oktober - 16 November 2022*

SBN Ritel bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Untuk Anda yang belum memiliki akun SBN di Bareksa, sebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya.

Jadwal penerbitan SBN Ritel 2022 berikutnya dengan waktu terdekat adalah SR017 yang dijadwalkan sementara mulai ditawarkan pada 19 Agustus 2022.

3. Emas Batangan

Selanjutnya tersedia investasi emas melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan.

Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian. (*)

FOLLOW US