• Gaya Hidup

Kaiserschmarrn Kue Terenak di Dunia dari Austria, Pancake Orak-arik Sindiran Kaisar untuk Permaisuri

Nitro Luindimar | Minggu, 22/05/2022 15:30 WIB
Kaiserschmarrn Kue Terenak di Dunia dari Austria, Pancake Orak-arik Sindiran Kaisar untuk Permaisuri Kaiserschmarrn Kue Terenak di Dunia dari Austria, Pancake Orak-arik yang jadi Sindiran Kaisar kepada Permaisuri. (FOTO: WALLPAPER HD)

JAKARTA - Kaiserschmarrn merupakan kue terenak di dunia dari Austria.

Dilihat sepintas, Kaiserschmarrn memiliki tampilan dekonstruktif alias tak rapi. Seperti pancake yang tercabik-cabik dan berantakan.

Namun soal rasa, sangat enak dan legit karena itu Kaiserschmarrn masuk dalam pilihan jajaran kue terenak di dunia.

Kaiserschmarrn dijuluki juga pancake orak-arik. Ditaburi gula bubuk dan dilapisi karamel sehingga rasanya legit menggigit. Makin enak dimakan dengan manisan buah.

Kaiserschmarrn alias pancake orak arik ringan asal Austria dengan balutan karamel dan taburan gula halus.

Dessert dibuat dari telur, gula, tepung, garam, dan susu yang dipanggang menggunakan mentega.

Disajikan bersama kismis dan manisan buah. Tekstur lembut dan rasa manis gurih. Karenanya tak heran jika menjadi favorit kaisar Austria dan rakyatnya.

Makanan pencuci mulut ini mempunyai sejarah yang unik.

Dulunya kue ini dipersiapkan untuk kaisar Austria Pertama bernama Franz Josef I dan istrinya, Elizabeth yang terobsesi menjaga berat badannya.

Ia memaksa koki untuk membuat makanan pencuci mulut yang ringan. Saat dihidangkan, Elizabeth merasa pencuci mulut ini terlalu kaya rasa dan menolak memakannya.

Kaisar Francis Joseph yang kesal akan perlakuan istrinya menyindir “Saya mau mencoba hidangan ‘Schmarnn’ (tidak masuk akal) yang sudah dibuat oleh koki.”

Ternyata Kaisar sangat menyukai dessert ini. Istilah Kaisar yang berarti Kaisar dan “Schmarrn” berarti berantakan atau tidak masuk akal terkenal di seluruh kerajaan.

Kaiserschmarrn ini mudah dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, telur, tepung pastry atau kue, gula, susu, garam, kismis, mentega. Untuk pelengkapnya, siapkan gula halus dan pure apel atau selai buah.

Cara membuatnya, pisahkan kuning dan putih telur, campur kuning telur dengan gula, susu, dan tepung. Kocok putih telur dan garam sampai menjadi adonan kaku. Campurkan ke dalam adonan dan aduk perlahan.

Panaskan wajan tebal, beri sedikit mentega lalu tuang adonan ke dalam wajan. Taburi kismis.

Biarkan matang di satu sisi selama beberapa menit, balik dan potong-potong menggunakan garpu.

Hati-hati memasak pancake ini, jangan sampai terlalu matang karena jika terlalu kering teksturnya tidak akan lembut lagi. Taburi gula halus diatasnya dan sajikan bersama selai buah atau pure apel. (*)

 

FOLLOW US