• Kabar Transportasi

KSOP, Damkar, SAR, dan Pelindo Cilacap Berjibaku Padamkan Kebakaran Kapal Nelayan

Yahya Sukamdani | Selasa, 03/05/2022 21:18 WIB
KSOP, Damkar, SAR, dan Pelindo Cilacap Berjibaku Padamkan Kebakaran Kapal Nelayan Kapal nelayan terbakar di Dermaga Wijaya Pura, Pelabuhan Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (3/5/2022)

JAKARTA – Sebuah kebakaran besar terjadi di Dermaga Wijaya Pura, Pelabuhan Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (3/5/2022).

Kebakaran yang terjadi sikira pukul 14.30 WIB tersebut berasal dari kapal nelayan yang meledak dan terbakar.

“Kemudian api merembet dan hanyut ke kepanduan dan beaching area atau tempat labuh kapal-kapal nelayan,” kata Kepala KSOP Kelas III Cilacap Capt. Purgana kepada katakini.com.

Menurut Capt. Purgana, awalnya kapal nelayan yang terbakar hanya satu unit. Tetapi akibat tali tambatnya putus terbakar, kapal nelayan tersebut hanyut membawa api ke lokasi pemanduan dan beaching area. Sehingga kapal lain yang sedang berlabuh pun turut terbakar.

“Belum ada informasi berapa banyak kapal nelayan yang turut terbakar. Saat ini masih dalam proses lokalisasi api dan pemadaman,” katanya.

Hingga pukul 20.30 WIB sudah ada beberapa lokasi yang berhasil dipadamkan oleh para petugas Damkar Kabupaten Cilacap yang dibantu oleh Pelindo dan KSOP Cilacap.

“Pihak Pelindo melakukan pemadaman dari sisi laut dengan menggunakan kapal TB Bima, TB 243, TB Jaya Negara 308, dan TB Transko Murai,” ujar Capt. Purgana.

KSOP Cilacap, Tim SAR, dan pihak terkait lainnya terus bahu-membahu mengatasi api agar tidak merembet ke lokasi lain,” imbuhnya.

FOLLOW US