• Gaya Hidup

Plank hingga Squat, Berikut Olahraga Pagi Ringan dan Tips agar tak Malas Bangun Tidur

Nitro Luindimar | Sabtu, 12/02/2022 05:30 WIB
Plank hingga Squat, Berikut Olahraga Pagi Ringan dan Tips agar tak Malas Bangun Tidur Latihan olahraga squat. FOTO: IST SEHATQ

JAKARTA - Plank hingga Squat, berikut olahraga pagi ringan dan tips agar tak malas bangun tidur.

Olahraga pagi tak harus yang berat. Beberapa contoh olahraga pagi yang ringan bisa
kamu coba, di antaranya jalan atau lari.

Jalan atau lari adalah olahraga pagi yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang proses pembakaran lemak.

Selain itu, berikut jenis olahraga pagi yang bisa kamu lakukan.

Plank
Plank adalah contoh olahraga ringan di pagi hari yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan postur tubuhmu.

Tidak hanya itu, plank juga dianggap sebagai olahraga pagi hari yang bisa memperkuat tulang belakangmu.

Jumping jack
Jumping jack adalah olahraga pagi hari yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan perlatan apa pun.

Jenis olahraga ini dipercaya mampu melancarkan aliran darah ke otot dan organ-organ tubuh.

Push-up
Selain dapat membentuk otot-otot di dadamu, push-up juga dianggap sebagai olahraga di pagi hari yang bisa memperkuat otot bahu hingga trisep.

Squat
Ingin memperkuat paha dan kakimu di pagi hari? Cobalah gerakan squat! Jenis olahraga di pagi hari ini dinilai mampu meningkatan mobilitas tubuh serta mencegah cedera lutut hingga pergelangan kaki.

Tips olahraga pagi
Dengan waktu dan kesabaran, kamu bisa memulai rutinitas olahraga pagi sendiri. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya:

1. Tidur yang cukup
Istirahat malam yang cukup penting untuk dapat bangun lebih awal. Usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap harinya sebelum memulai olahraga pagi.

2. Sesuaikan waktu latihan Anda secara bertahap
Alih-alih melompat ke latihan sepagi mungkin, sebaiknya Anda menjadwalkan waktu olahraga secara bertahap dari waktu normal ada biasanya ke waktu yang perlahan semakin pagi. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih mudah.

3. Siapkan perlengkapan olahraga Anda sebelum tidur
Sebelum tidur, siapkan pakaian olahraga, sepatu kets, dan kebutuhan olahraga lainnya agar tidak memakan waktu keesokan harinya. Kebiasaan ini kerap menjadi alasan malas berolahraga jika baru disiapkan di pagi hari.

4. Cari teman berolahraga
Membuat rencana dengan teman adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda bertanggung jawab dan menjadi semangat berolahraga pagi.

5. Lakukan olahraga yang Anda sukai
Cobalah latihan jenis olahraga yang baru dan lihat jenis olahraga mana yang paling Anda sukai. Saat Anda benar-benar menikmati olahraga, akan lebih mudah untuk bangun pagi dari tempat tidur.

Jadi tak ada alasan untuk melewatkan olahraga, kapan pun dan di mana pun. Buatlah jadwal olahraga rutin, walau mungkin sebentar saja.

Dampak baiknya akan kamu rasakan dalam jangka panjang. (*)

FOLLOW US