• Bisnis

Bahlil Pastikan Putusan MK Tak Ganggu Realisasi Investasi 2021

Eko Budhiarto | Rabu, 01/12/2021 14:14 WIB
  Bahlil Pastikan Putusan MK Tak  Ganggu Realisasi Investasi 2021 Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Katakini.com - Keputusan MK yang menyatakan bahwa UU Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945 dinilai tidak akan mengganggu realisasi investasi tahun 2021. Hanya saja, dampak tersebut diperkirakan terjadi pada realisasi investasi 2022.

"Realisasi investasi di 2021, Insya Allah tidak akan terganggu sampai kuartal IV. Masalahnya adalah di 2022 pascaputusan MK," kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kepada media secara daring di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Menurut Bahlil, target realisasi tahun 2022 yang dipatok Rp1.200 triliun kemungkinan memberi tantangan tersendiri, sebagai dampak putusan MK.

Kendati demikian, Bahlil menghargai putusan tersebut. Sebagai negara demokrasi, semua pihak harus menjunjung tinggi semua keputusan yang ada. Namun, Bahlil meminta semua pihak tak perlu berlebihan menanggapinya lantaran putusan tersebut hanya masalah formil.

"Tapi kita juga melihat jangan terlalu berlebihan dalam menanggapinya sebab keputusan tersebut cuma persoalan hulunya saja, formilnya saja. Dalam 2 tahun Insya Allah pemerintah akan selesaikan secepatnya," imbuhnya.

Bahlil juga mengatakan Presiden Jokowi sudah memberi arahan kepada para jajaran menteri agar penyelesaian revisi UU Cipta Kerja sebagaimana diamanahkan MK bisa dikebut lebih cepat.

"Kemarin kami sudah rapat dengan Bapak Presiden, Bapak Presiden berikan arahan agar penyelesaiannya dipercepat, mungkin awal tahun depan bisa kita kebut, bisa selesai. Doakan," katanya.

FOLLOW US