Lampaui Ekspetasi, Tiga Hari Tayang Godzilla Minus One Raup Rp542 Miliar

Tri Umardini | Selasa, 05/12/2023 10:30 WIB

Lampaui Ekspetasi, Tiga Hari Tayang Godzilla Minus One Raup Rp542 Miliar Lampaui Ekspetasi, Tiga Hari Tayang Godzilla Minus One Raup Rp542 Miliar. (FOTO: LEGENDARY PICTURES)

JAKARTA - Setelah debut di negara asalnya Jepang bulan lalu, film kaiju menarik Toho, Godzilla Minus One, akhirnya dibuka di Amerika Utara akhir pekan ini.

Film ini melampaui ekspektasi, meraup $11 juta atau sekitar Rp170 miliar dalam tiga hari pertama peluncurannya dan hampir mencetak rekor untuk judul berbahasa asing.

Godzilla Minus One telah meraup $23 juta atau Rp356 miliar di Jepang menjelang perilisannya di Amerika Serikat, yang berarti bahwa film tersebut kini telah meraup sekitar $35 juta (Rp542 miliar) di seluruh dunia, dibandingkan dengan anggaran yang dilaporkan sangat minim yaitu $15 juta (Rp232 miliar).

Godzilla Minus One memulai debutnya di posisi nomor tiga di tangga box office domestik, di belakang debutan Renaissance: A Film oleh Beyoncé dan hit peninggalan The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes, tetapi di depan dua judul animasi, Trolls Band Together dan Wish.

Ini menandai debut terbesar kedua untuk judul live-action berbahasa asing, setelah film blockbuster wuxia tahun 2002 milik Jet Li, Hero, yang meraup $18 juta pada akhir pekan pertama dan menyelesaikan penayangan domestiknya dengan lebih dari $50 juta.

Tentu saja, ini adalah debut domestik terbesar yang pernah ada untuk film live-action Jepang.

Godzilla Minus One telah meraup keuntungan lima kali lipat dari apa yang dihasilkan Shin Godzilla tahun 2016 di seluruh penayangan domestiknya.

Film ini sangat populer dalam format IMAX, yang menyumbang lebih dari 13% penjualan domestiknya.

Pengambilan IMAX global film tersebut pada akhir pekan ini mencapai $1,7 juta dari 70 lokasi , dan total kumulatif IMAX kini telah melampaui $4,6 juta.

Film ini juga memulai debutnya di Australia, Spanyol, dan Jerman akhir pekan ini.

Waralaba Godzilla Menyaksikan Kebangkitan

Ditulis dan disutradarai oleh Takashi Yamazaki, Godzilla Minus One adalah film ke-37 secara keseluruhan dalam franchise Godzilla, yang dimulai pada tahun 1954 dan sedang merayakan hari jadinya yang ke-70.

Ini adalah seri kelima di era franchise Reiwa, dan film live-action kedua dari generasi setelah Shin Godzilla, yang menyelesaikan penayangan globalnya dengan $78 juta.

Ulasan untuk Godzilla Minus One sangat spektakuler; film ini mendapat skor 97% "baru bersertifikat" di agregator ulasan Rotten Tomatoes , dan Chase Hutchinson dari Collider menyebutnya "di antara entri terbaik dari seri yang sudah berjalan lama ini" dalam ulasannya.

Kebetulan, franchise paralel sedang berlangsung di Hollywood, dengan angsuran berikutnya, Godzilla x Kong: The New Empire, dijadwalkan rilis tahun depan.

Seri MonsterVerse baru-baru ini diperluas ke streaming, dengan serial live-action Monarch: Legacy of Monsters dari Apple yang ditayangkan perdana dan mendapat tanggapan positif bulan lalu.

Film pertama dari franchise ini, Godzilla tahun 2014, meraup lebih dari $500 juta di seluruh dunia, sementara Godzilla: King of the Monsters tahun 2019 menghasilkan sedikit di atas $380 juta secara global, dan Godzilla vs. Kong tahun 2021 menghasilkan $470 juta di seluruh dunia meskipun debut pada hari dan tanggal yang sama. (*)

 

TAGS : Godzilla Minus One monster Jepang