• News

Jokowi Enggan Tanggapi Pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo

Budi Wiryawan | Rabu, 21/06/2023 13:35 WIB
Jokowi Enggan Tanggapi Pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo Presiden Joko Widodo

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tanggapi soal Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo diperiksa KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Jokowi enggan berkomentar panjang tentang pemeriksaan terhadap politikus Partai NasDem itu. Dia hanya ingin semua pihak menghormati proses yang berjalan.

"Hormati proses hukum yang ada, hormati proses hukum yang ada," kata Jokowi di Pasar Parungpung, Bogor, Rabu (21/6).

Sebelumnya, dia sudah berulang kali mengingatkan jajaran Kementerian agar berhati-hati dalam mengelola keuangan negara. Hal itu disampaikan Jokowi pada Kamis (15/6) di Pasar Menteng Pulo, Jakarta.

"Kan bolak-balik saya sampaikan, hati-hati mengelola keuangan negara karena kita mengelola anggaran kementerian ini gede banget, harus diawasi, harus dikontrol, harus dicek," ucap Jokowi.

Dia tak mau menjawab tudingan kriminalisasi terhadap menteri-menteri NasDem. Menurut Jokowi, kasus tersebut murni ranah penegak hukum.

Diketahui, KPK telah memeriksa Syahrul Yasin Limpo terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementan RI pada Senin (19/6).

Usai diperiksa, Syahrul mengaku sudah menyampaikan keterangan yang ia ketahui terkait kasus ini kepada KPK. Namun, Syahrul enggan mengungkap materi yang didalami tim penyelidik KPK

"Saya kira apa yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan SOP, sesuai dengan prosedur, dan saya sudah menyelesaikan semuanya itu dengan apa yang bisa saya jawab," kata Syahrul kepada wartawan.

Syahrul hanya menyebut akan kooperatif dan siap hadir jika KPK kembali membutuhkan keterangannya dalam penyelidikan kasus ini.

"Saya sudah diperiksa secara profesional, saya terima kasih, dan saya tetap akan kompromi, akan kooperatif, kapan pun dibutuhkan saya siap hadir," kata dia.

FOLLOW US