• Hiburan

Black Panther: Wakanda Forever, Mengapa Avengers Tidak Ada di Pemakaman T`Challa?

Nitro Luindimar | Jum'at, 25/11/2022 15:30 WIB
Black Panther: Wakanda Forever, Mengapa Avengers Tidak Ada di Pemakaman T`Challa? Black Panther: Wakanda Forever, Mengapa Avengers Tidak Ada di Pemakaman T`Challa? (FOTO: MARVEL STUDIOS/DISNEY)

JAKARTA - Wakanda tidak hanya kehilangan kepala negaranya, tetapi Avengers juga kehilangan salah satu sekutunya.

Lantas dimana sisa anggota Pahlawan Terkuat di Bumi selama pemakaman T`Challa di Black Panther: Wakanda Forever?

Di mana para Avengers? Bagi penggemar cerita alam semesta bersama, pertanyaan itu bisa sangat menjengkelkan dengan sangat cepat.

Masuk akal bagi mereka yang baru mengenal konsep untuk bertanya-tanya tentang keberadaan karakter lain, tetapi untuk penggemar jangka panjang, jawabannya sederhana: di tempat lain.

Terlalu khawatir tentang apa yang dilakukan Thor saat Doctor Strange melawan Scarlet Witch atau mengapa Ant-Man tidak pernah membantu Shang-Chi menghentikan bus yang mengamuk di San Francisco mengalihkan perhatian dari cerita pahlawan utama.

Nikmati saja Doctor Strange dan Spidey dan biarkan pahlawan lain mengkhawatirkan diri mereka sendiri.

Meskipun demikian, masuk akal jika karakter berpapasan di acara tertentu, seperti pemakaman Tony Stark di Avengers: Endgame yang dihadiri oleh semua pahlawan utama, termasuk T`Challa.

Betapapun mengesankannya adegan itu, tidak ada apa pun di adegan pemakaman dari Black Panther: Wakanda Forever.

Sutradara Ryan Coogler melayangkan kameranya ke ibu kota Wakanda, menangkap kontras yang dipamerkan: warna-warna cerah warga yang disorot oleh pakaian pemakaman putih keluarga kerajaan, ekspresi para pelayat yang tertunduk diimbangi oleh orang-orang yang merayakan kehidupan T``Challa.

Terlepas dari semua gambar yang indah ini, tampaknya masih ada sesuatu yang hilang, sebuah elemen yang menyakitkan bahkan penggemar alam semesta bersama yang paling berpengalaman sekalipun.

Di mana para Avengers?

** Mengapa Kevin Feige dan Ryan Coogler Menghindari Avengers?

Alasan sebenarnya ketidakhadiran Avengers mungkin cukup biasa. Betapapun mengesankan dan inovatifnya Marvel Cinematic Universe, itu masih merupakan produk dari bisnis film.

Cameo apa pun membutuhkan pengacara, kontrak, dan jadwal, yang semuanya menghabiskan banyak uang.

Disney ingin membayar uang itu untuk saga-ender seperti Endgame, tetapi tidak untuk film biasa.

Bos MCU Kevin Feige cenderung menggunakan kontrak aktornya dengan bijaksana, menyimpannya pada saat yang tepat.

Lebih tepatnya, para pembuat film mungkin tidak ingin mengalihkan perhatian dari momen tersebut.

Penonton mungkin menonton pemakaman Raja T`Challa fiksi Wakanda, tapi kami benar-benar merasakan perayaan Chadwick Boseman, aktor yang sangat berbakat yang diambil terlalu cepat.

Produser Nate Moore telah berbicara tentang reservasi untuk memasukkan terlalu banyak cameo Marvel ke dalam film karena alasan itu.

Momen itu harus muram, gembira, dan penuh hormat, bukan kesempatan bagi penggemar untuk mencari tahu.

** Mengapa Avengers Tidak Bisa Datang ke Pemakaman T`Challa

Film tersebut tidak menjelaskan mengapa Avengers tidak muncul di pemakaman T`Challa, tetapi tidak sulit untuk melihat mengapa mereka tidak hadir.

Alasan terbesar adalah benar-benar tidak ada Avengers saat ini, setidaknya tidak secara resmi.

Lebih penting lagi, mereka yang paling banyak menghabiskan waktu dengan T`Challa saat ini tidak ada dalam peta.

Natasha Romanoff pertama kali bergabung di layar dengan T`Challa di Captain America: Civil War, tapi dia sudah mati, begitu juga dengan sesama pahlawan Iron Man dan Vision.

Dari grup itu, hanya War Machine dan Spider-Man yang tersisa.

Sebagai perwakilan dari pemerintah AS yang sama yang mencoba menginvasi Wakanda untuk persediaan Vibraniumnya, War Machine tidak akan diterima di pemakaman dan, setelah peristiwa Spider-Man: No Way Home, Peter Parker yang malang tidak mampu membeli tiket pesawat ke Wakanda, meski orang ingat siapa dia.

T`Challa memang memperbaiki beberapa hal dengan sesama pahlawannya dan bahkan meminjamkan sumber daya Wakanda yang besar untuk menahan gerombolan Thanos sementara Shuri mencoba menghilangkan Infinity Stone dari Visi di Avengers: Infinity War.

Tapi sekali lagi, hampir semua pahlawan yang bertarung bersama Wakanda tidak beraksi.

Steve Rogers sepertinya masih hidup, tapi dia sudah sangat pensiun. Penjaga berada di luar angkasa, begitu pula Thor, yang hanya muncul di akhir pertempuran.

Garis waktu yang tepat untuk Black Panther: Wakanda Forever agak tidak jelas, tetapi kemungkinan pemakaman T`Challa terjadi saat Bruce Banner kembali ke Sakaar.

Wanda Maximoff menghabiskan sebagian besar waktunya dengan Shuri di lab, tetapi dia mungkin akan diundang — jika dia tidak menculik sebuah kota, mengamuk, atau mati.

Sementara Sam Wilson akan menjadi Cap yang sangat berbeda dari yang diinginkan pemerintahnya, Captain America masih mewakili AS dan, seperti Rhodey, tidak akan diterima di pemakaman.

Dan kemudian ada Bucky. Tidak ada pahlawan yang mengenal Wakanda dan juga The Winter Soldier, yang tinggal di pedesaan saat diprogram ulang setelah Civil War.

Selain itu, Bucky berutang budi kepada orang-orang Wakanda, karena mereka menyembuhkannya dan mengganti lengannya, terlepas dari perannya dalam kematian Raja T`Chaka.

Tapi seperti yang kita lihat di The Falcon and the Winter Soldier, Wakanda tidak menyetujui dia dan Sam membebaskan Zemo.

** Wakanda dan Seluruh Dunia

Selain semua alasan ini, mungkin ada satu penjelasan yang sangat sederhana untuk kurangnya peserta berkostum.

Untuk sebagian besar keberadaannya, Wakanda telah menjadi negara isolasionis.

Berkat pengaruh Nakia dan pengalamannya dengan Killmonger, T`Challa mengubah isolasionisme itu dan menampakkan dirinya di panggung dunia.

Dan apa yang terjadi segera setelah itu? Wakandans yang tak terhitung mati ketika Avengers membawa pertempuran mereka dengan Thanos.

Negara-negara Barat mulai menginvasi Wakanda, mencari Vibranium. T`Challa meninggal karena sakit.

Seperti yang dijelaskan Ratu Ramonda selama pidatonya yang panas, Wakanda telah membayar harga yang mahal untuk berbagi dirinya dengan dunia, dan dunia hanya menanggapi dengan menuntut lebih banyak.

Dengan kata lain, tidak ada alasan yang baik bagi orang Wakanda untuk mengundang siapa pun dari luar negeri untuk bergabung dalam perayaan dan duka atas raja mereka.

Absennya Avengers menggarisbawahi tema utama Wakanda Forever saat negara tersebut mengetahui di mana mereka berada di dalam Marvel Universe. (*)

 

FOLLOW US