• News

6 Agustus Hari Apresiasi Buruh Tani, karena Petani Kita Bisa Makan

Nitro Luindimar | Sabtu, 06/08/2022 08:15 WIB
6 Agustus Hari Apresiasi Buruh Tani, karena Petani Kita Bisa Makan 6 Agustus Hari Apresiasi Buruh Tani, karena Petani Kita Bisa Makan (FOTO: THE CONVERSATION)

JAKARTA - Hari Apresiasi Buruh Tani atau Farmworker Apreciation Day diperingati setiap tanggal 6 Agustus.

Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan para buruh di sektor pertanian. Mereka bekerja bahkan di bawah terik matahari musim panas untuk menghasilkan panen.

Sebagian besar pekerjaan mereka hanya terjadi selama musim panas, dan ini berarti bahwa banyak dari individu-individu ini kembali ke negara asal mereka ketika musim berakhir.

Buruh tani biasanya dilupakan dan hari ini khusus untuk menghormati dan berterima kasih kepada mereka atas semua yang telah mereka lakukan.

Sejarah Hari Apresiasi Buruh Tani

Dikutip dari national today, di era kolonial, sebagian besar buruh tani adalah pegawai kontrak dari Inggris Raya.

Mereka adalah pria dan wanita kulit putih, dan bahkan anak-anak, yang menukar empat sampai tujuh tahun kerja keras untuk perjalanan ke koloni.

Beberapa dari pekerja ini direkrut secara paksa dan disimpan serta dijual sebagai properti, dengan sedikit hak. Mereka hidup dalam kondisi perbudakan dan pelecehan yang menyedihkan.

Pada tahun 1600-an, pegawai kontrak tidak cukup banyak, sehingga pemilik perkebunan beralih ke metode perekrutan tenaga kerja yang lebih kejam: penangkapan paksa orang Afrika untuk diubah menjadi budak.

Budak-budak ini hampir tidak menjanjikan kebebasan pada akhirnya karena tidak ada periode perbudakan yang diatur.

Budak Afrika menjadi sumber utama tenaga kerja pertanian di koloni selama dua abad berikutnya.

Pada akhir Revolusi Amerika, 20% dari populasi di 13 koloni adalah keturunan Afrika, yang mayoritas adalah budak.

Pada tahun 1808, Kongres melarang perdagangan budak internasional, tetapi bukan praktik perbudakan itu sendiri.

California menjadi pusat pertanian utama setelah Perang Saudara di Amerika Serikat. Di negara bagian tersebut, tenaga kerja pertanian sebagian besar didatangkan dari Asia.

Tenaga kerja imigran mulai berpindah ke Meksiko pada tahun 1930-an. Selama Perang Dunia II, karena kekurangan tenaga kerja, Program Bracero dimulai.

Program ini memungkinkan orang Meksiko untuk bekerja sementara di pertanian AS. Itu berakhir pada tahun 1964, meskipun imigran legal dan ilegal Amerika Latin terus menjadi sebagian besar tenaga kerja pertanian AS.

Kegiatan Hari Apresiasi Buruh

1. Kunjungi buruh tani
Hari ini mungkin menjadi kesempatan khusus untuk mengetahui apa yang dilakukan buruh tani di lapangan. Anda dapat mengunjungi mereka untuk mengenal pekerjaan mereka lebih baik.

2. Terima kasih kepada buruh tani
Hari ini dibuat untuk berterima kasih kepada buruh tani. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menunjukkan penghargaan Anda atas semua kerja keras yang mereka lakukan.

3. Tingkatkan kesadaran di media sosial
Siapkan postingan yang membahas tentang pentingnya buruh tani dan posting di media sosial. Buruh tani menghadapi banyak masalah setiap tahun dan orang-orang harus menyadari kesulitan mereka.

5 Tugas yang Dilakukan Petani

1. Tanaman buruh tani
Langkah pertama dari pekerjaan mereka adalah menanam benih dan, terkadang, memindahkan bibit dengan tangan.

2. Mereka membuahi
Ini mungkin langkah kedua karena beberapa tanaman memerlukan semacam pemupukan agar mereka tumbuh.

3. Mereka mengairi
Mereka juga membersihkan dan memelihara saluran irigasi.

4. Mereka memanen tanaman
Mereka memanen buah dan sayuran, sebagian besar waktu, dengan tangan.

5. Mereka mengoperasikan mesin pertanian
Mereka mengoperasikan traktor, mesin self-propelled untuk membajak, dan mesin yang ditarik traktor.

Sektor pertanian dan buruh tani sangat penting bagi kemajuan dan pembangunan negara. Mereka memasok makanan, berkontribusi pada pendapatan nasional, dan menyediakan lapangan kerja bagi sebagian besar masyarakat.

Ini adalah hari untuk mengingat masa lalu
Buruh tani hidup dalam kondisi perbudakan dan pelecehan yang menyedihkan. Oleh karena itu, hari ini merupakan kesempatan untuk mengingat pentingnya hak-hak mereka diakui oleh pemerintah.

Buruh tani memberi kita makanan
Mereka sangat penting bagi kita karena mereka memiliki salah satu peran terpenting dalam masyarakat: menyediakan makanan. Mereka bertugas merawat tanaman dan memanennya sehingga mereka siap untuk berada di meja kita. (*)

 

FOLLOW US