• Musik

Jelang Tur Rolling Stones, Begini Persiapan Mick Jagger CS, Harus Tetap Gesit Meski Sudah Gaek!

Nitro Luindimar | Senin, 23/05/2022 20:01 WIB
Jelang Tur Rolling Stones, Begini Persiapan Mick Jagger CS, Harus Tetap Gesit Meski Sudah Gaek! Jelang Tur Rolling Stones, Begini Persiapan Mick Jagger CS, Harus Tetap Gesit Meski Sudah Gaek! (FOTO: REUTERS)

JAKARTA - Makin tua makin ‘bersantan’, mungkin ini julukan yang pas untuk Mick Jagger, Keith Richards, dan Ronnie Wood para punggawa grup Rock legendaris, Rolling Stones.

Menjelang tur ke-14 — yang menandai 60 tahun sejak Rolling Stones terbentuk — Mick Jagger, Keith Richards, dan Ronnie Wood tetap gesit kendati telah berusia di atas 70 tahun.

Para Rocker gaek itu pun melakukan sejumlah persiapan agar bisa tampil prima di depan penggemarnya.

Mick Jagger dan Keith Richards tahun ini telah berusia 78 tahun. Sedangkan Ronnie Wood akan merayakan ulang tahun ke-75 pada 1 Juni mendatang.

Dalam sebuah wawancara baru dengan Sunday Times, Mick Jagger mengakui bahwa jadwal tur band yang lengkap bertentangan dengan harapan tentang penuaan, meskipun itu adalah tantangan yang dia sambut.

"Rock `n` roll, atau jenis musik pop apa pun sejujurnya, tidak seharusnya dilakukan ketika Anda berusia 70-an," kata Rocker Inggris itu.

"Seharusnya kami tak melakukan hal itu lagi. Melakukan sesuatu yang berenergi tinggi. Pada usia ini benar-benar riskan. Tapi itu membuatnya semakin menantang. Jadi, seperti, `Oke, kita harus melakukan ini dengan benar,` tapi itu harus semaksimal mungkin . Tentu saja Anda bisa melakukan jenis musik lain — kami punya banyak lagu balada. Saya bisa duduk di kursi.”

Meskipun ia sekarang bepergian dengan seorang ahli jantung setelah menjalani operasi penggantian katup jantung pada tahun 2019, pentolan yang terkenal lentur ini berkomitmen untuk menjaga rutinitas latihannya.

Orang akan mengharapkan Mick Jagger yang lincah dan pecicilan. Karena itu sosoknya telah mengilhami Adam Levine vokalis Maroon 5 untuk menciptakan lagu "Moves Like Jagger."

Mick Jagger menggambarkan rejimennya sebagai "latihan enam minggu bahkan sebelum latihan dimulai. Dan saya menari, gym, setiap hari dalam seminggu. Saya tidak terlalu menikmatinya, tetapi itu harus dilakukan."

Bagi Keith Richards, yang menghentikan kebiasaan merokoknya selama 55 tahun dua tahun lalu, persiapan konsernya akhir-akhir ini lebih tenang daripada yang mungkin ditunjukkan oleh reputasinya yang bebas.

"Saya mungkin atau mungkin tidak minum minuman keras, tapi biasanya tidak," katanya.

"Kamu tahu, kamu tumbuh dari segalanya. Aku telah menghabiskan seluruh hidupku untuk menyerahkan banyak hal, jadi itu saja sekarang."

Sementara Ronnie Wood memperhatikan kesehatannya setelah menderita kanker paru-paru dan kanker sel kecil selama lima tahun terakhir.

"Setelah semua pertempuran saya dalam beberapa tahun terakhir dengan C besar, saya mencoba untuk terus bergerak, menjaga persendian saya tetap hangat - peregangan dan sebagainya," kata penggemar jus hijau itu.

Kematian drummer Charlie Watts Agustus lalu setelah komplikasi dari operasi jantung tetap menjadi perhatian utama bagi anggota grup yang masih hidup.

"Saya tidak benar-benar berharap dia berada di sana lagi jika saya berbalik selama pertunjukan," kata Mick Jagger.

“Tapi aku memikirkan dia. Tidak hanya saat latihan atau di atas panggung, tapi dengan cara lain juga. Saya akan meneleponnya dan berbicara tentang pertandingan Arsenal tadi malam karena dia mendukung Tottenham dan saya Arsenal. Saya merindukannya sebagai pemain dan sebagai teman. Dalam pertunjukan, ketika kita datang ke depan dan membungkuk di akhir, tidak ada Charlie. Dia akan selalu menjadi yang terakhir turun. Saya akan pergi: `Ayo, apa yang harus kamu lakukan?` Dia akan mengutak-atik tongkatnya karena dia selalu harus meletakkannya secara berurutan sebelum dia turun dari kursi.

Kendati sadar diri mereka tidak muda lagi namun para Rocker gaek itu telah melakukan persiapan yang terbaik demi penggemar.

Mereka harus tetap merasa muda meski setuju bahwa usia tua kadang memiliki satu keuntungan yaitu kedewasaan emosional.

Pertengkaran dalam band adalah biasa, dan mereka menjadi semakin bijak. Berusaha tetap tenang dan tidak mengacau.

"Itu benar, dan itu butuh waktu lama," kata penyanyi itu.

"Kami berada dalam bisnis yang sangat tidak matang. Saya tidak memiliki ilusi tentang itu. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus menjadi tidak dewasa."

Ronnie Wood yang baru menjadi anggota resmi Rolling Stones pada 1976 mengungkapkan, karena dirinya yang paling muda dan terakhir bergabung dengan band kerap dipandang sebelah mata.

Dulu ia selalu merasa tersisih, “Diam kamu anak baru. Ada perasaan semacam itu tapi sekarang semuanya berubah.”

Menurutnya Mick Jagger telah dewasa dan semakin bijak. Begitu juga Keith Richards. Sikap mereka jauh lebih hangat dibanding dulu saat mereka masih muda. (*)

FOLLOW US