• Gaya Hidup

Kransekake Kue Terenak di Dunia Khas Norwegia, Berbentuk Menara Biasa Disajikan Saat Natal

Nitro Luindimar | Kamis, 19/05/2022 04:35 WIB
Kransekake Kue Terenak di Dunia Khas Norwegia, Berbentuk Menara Biasa Disajikan Saat Natal Kranskake kue terenak di dunia dari Norwegia dan Denmark. (FOTO: DIXIE CRYSTALS)

JAKARTA - Kransekake merupakan kue terenak di dunia berasal dari Negara Norwegia. Atau biasa disebut Kranskage jika di Denmark.

Baik di Norwegia atau Denmark, Kue Menara ini biasa disajikan menjadi hidangan khas Natal.

Kransekake ini bentuknya mirip donat, namun teksturnya berbeda. Uniknya, kue ini disusun seperti menara yang tinggi, karena itu disebut juga sebagia Kue Menara.

Kue Tradisional Norwegia

Jika kamu pernah melihat film pendek Disney berjudul Olaf’s Frozen Adventure, Kransekake ini juga disajikan saat Natal di Istana Elsa dan Anna.

Yap, kisah dalam seri film Frozen memang terinspirasi dari budaya Norwegia. Makanya, ada Kransekake dalam adegan film itu.

Sebenarnya, Kransekake bukan hanya dinikmati saat Natal saja, melainkan saat hari penting lainnya, seperti perayaan pernikahan, kelulusan, atau ulang tahun.

Namun, kue ini memang lebih banyak dijumpai di toko roti dan kue pada saat musim Natal.

Yang unik dari kransekake ini adalah penyajiannya yang dibentuk seperti menara.

Secara tradisional, Kransekake biasanya disusun sampai 18 tingkat kue atau lebih. Dilihat sepintas, Kranskake atau Kue Menara ini jadi seperti pohon Natal.

Biasanya, setelah disusun, menara kue itu diberi hiasan kecil bendera Norwegia. Namun ada juga yang menghiasnya dengan berbagai hiasan lain atau dibiarkan polos.

Kransekake juga merupakan kue tradisional di Denmark, namun sebutannya adalah Kransekage. Kedua negara Skandinavia ini memang memiliki budaya yang mirip.

Karena bentuknya bulat dan memiliki lubang di tengahnya, kransekake juga disebut kue cincin.

Kransekake dibuat dari bahan tepung almon, gula halus, dan putih telur.

Meski terlihat seperti kue yang keras, sebenarnya bagian dalam Kransekake lembut. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luarnya, namun bagan dalamnya kenyal.

Meski disajikan dengan disusun menjadi menara, cara menikmati Kransekake adalah diambil satu-persatu. Satu lingkaran Kransekake itu kemudian dipotong menjadi bagian yang kecil.

Selain dibentuk langsung dengan tangan, di Norwegia dan Denmark juga banyak dijual cetakan khusus untuk membentuk adonan Kransekake. (*)

 

FOLLOW US