• Gaya Hidup

Bisa Dilakukan di Mana Saja, Inilah 3 Manfaat Jumping Jack untuk Kebugaran Tubuh

Nitro Luindimar | Senin, 14/02/2022 05:30 WIB
Bisa Dilakukan di Mana Saja, Inilah 3 Manfaat Jumping Jack untuk Kebugaran Tubuh Olahraga Jumping Jack. FOTO: HO/IST HELLO DOKTER

JAKARTA - Bisa dilakukan di mana saja, inilah 3 manfaat Jumping Jack untuk kebugaran tubuh.

Jumping Jack adalah salah satu variasi olahraga kardio yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Gerakan yang juga dikenal dengan istilah star jump ini juga memiliki segudang manfaat bagi kebugaran tubuh Anda. Selain itu, latihan ini tidak membutuhkan peralatan khusus dan bisa Anda lakukan di mana saja.

Seperti dikutip hellosehat, Jumping Jack termasuk ke dalam latihan pliometrik, yakni jenis olahraga yang mengharuskan Anda untuk melompat dan bergerak aktif. Gerakan dalam olahraga ini bisa Anda lakukan tanpa atau dengan alat bantu, seperti burpees, squat jump, jump rope, atau box jump.

Dr. Jonathan Mike, Professor in Exercise Science & Sports Performance Grand Canyon University, Arizona seperti dikutip dari Insider mengatakan, Jumping Jack memiliki sejumlah manfaat, seperti peningkatan aliran darah, mobilitas, dan gerakan sendi secara keseluruhan.

Berikut tiga manfaat olahraga Jumping Jack yang bisa dilakukan di mana saja:

1. Melatih kekuatan seluruh otot tubuh
Jumping Jack termasuk total body workout atau olahraga yang mengharuskan Anda untuk menggerakan seluruh bagian tubuh. Untuk melakukan gerakan ini juga, Anda sangat membutuhkan kecepatan dan kekuatan yang bermanfaat bagi kebugaran otot.

Gerakan ini juga memadukan elemen latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan. Saat melompat, tubuh Anda bergerak melawan gravitasi dan menggunakan beban tubuh untuk melakukan perlawanan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kekuatan.

Pada saat yang bersamaan, gerakan Jumping Jack dilakukan secara berulang-ulang dalam tempo yang cepat. Hal ini bisa meningkatkan ritme detak jantung untuk menjaga kebugaran kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Layaknya olahraga kardio lainnya, Jumping Jack juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Latihan kardio dapat meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah untuk dialirkan ke berbagai sel dan jaringan dalam tubuh Anda.

Berdasarkan studi yang diterbitkan Biomed Research International pada 2014, gerakan Jumping Jack yang termasuk dalam porsi latihan high-intensity circuit training (HICT) dapat meningkatkan sejumlah parameter kesehatan jantung pada pria dengan obesitas.

Program latihan sebanyak 3 kali per minggu dengan durasi 30 menit ini, terbukti dapat memperbaiki sejumlah parameter, seperti detak jantung istirahat, tekanan darah, kolesterol, dan kadar lemak tubuh.

3. Memperkuat tulang
Latihan melompat juga bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda. Rutin melakukan gerakan jumping jack utamanya bisa memperkuat tulang bagian kaki dan punggung bawah.

Selain meningkatkan kekuatannya, gerakan ini juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini tentunya dapat mencegah risiko tulang rapuh dan patah apabila kepadatan tulang Anda terus terjaga.

Khususnya pada wanita yang lebih rentan, kondisi ini juga mengurangi risiko terjadinya osteoporosis pada kemudian hari.

Selain ketiga manfaat tersebut, latihan ini juga mampu menurunkan berat badan sama halnya seperti olahraga pada umumnya.

Lantas, berapa banyak kalori yang bisa dibakar melalui gerakan jumping jack?

Dikutip dari Healthline, orang dengan berat badan 68 kilogram dan melakukan gerakan jumping jack selama 2 menit (sekitar 100 kali pengulangan) dapat membakar 19 kalori.

Sementara, latihan selama 10 menit dengan intensitas tinggi akan membakar 94 kalori. Untuk bisa efektif menurunkan berat badan, sebaiknya Anda menggabungkan latihan ini dengan olahraga kardio lain seperti lari atau bersepeda. (*)

 

FOLLOW US