• News

Korea Utara dan Rusia Ciptakan Rekor Jumlah Delegasi sejak Juli 2023

Yati Maulana | Rabu, 19/06/2024 05:05 WIB
Korea Utara dan Rusia Ciptakan Rekor Jumlah Delegasi sejak Juli 2023 Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat bertemu di Kosmodrom Vostochny, Rusia, 13 September 2023. Foto: KCNA via Reuters

SEOUL - Korea Utara dan Rusia telah meningkatkan pertukaran diplomatik dan ekonomi dalam beberapa bulan terakhir. Puncaknya terjadi pada kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Korea Utara minggu ini untuk pertama kalinya dalam 24 tahun.

Kedua negara telah bertukar lebih dari dua lusin delegasi tingkat tinggi pemerintah, parlemen, dan delegasi lainnya sejak Juli 2023 – termasuk 18 delegasi pada tahun ini – yang menandai jumlah kunjungan tertinggi yang pernah ada, menurut Kementerian Unifikasi Seoul yang menangani urusan antar-Korea.

Berikut kronologi pertukaran tingkat tinggi antara Korea Utara dan Rusia sejak Juli 2023.

Juli 2023
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengunjungi Pyongyang dan menemani pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke pameran pertahanan dan parade militer yang menampilkan rudal balistik terlarang milik negara terisolasi tersebut.

September 2023
- Kim melakukan perjalanan ke Timur Jauh Rusia dan mengunjungi pusat peluncuran ruang angkasa Vostochny Cosmodrome, di mana Putin berjanji akan membantunya membangun satelit.

- Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Im Chon Il mengunjungi Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrei Rudenko.

- Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri Korea Utara Yun Jong Ho bertemu dengan Menteri Sumber Daya Alam Rusia Alexander Kozlov di Moskow.

Oktober 2023
- Delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh Menteri Olahraga Kim Il Guk menghadiri forum di kota Perm, Rusia.
- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengunjungi Pyongyang dan bertemu Kim Jong Un.

November 2023
- Kozlov mengunjungi Pyongyang.
- Delegasi yang dipimpin oleh menteri kebudayaan Korea Utara menghadiri sebuah acara di St. Petersburg.
Desember 2023
- Oleg Kozhemyako, gubernur wilayah Primorsky di timur jauh Rusia, melakukan perjalanan ke Pyongyang.

Januari 2024
- Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui bertemu Lavrov dan mengadakan pembicaraan yang jarang terjadi di Kremlin dengan Putin.

Februari 2024
- Pejabat pertanian Korea Utara mengunjungi Rusia.
- Kim Su Gil, pejabat senior Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara dan sekretaris utama ibu kota Pyongyang, bertemu Dmitry Medvedev, ketua partai yang berkuasa di Rusia.
- Delegasi perikanan, olah raga, industri IT, dan pemuda Korea Utara masing-masing berangkat ke Rusia.

Maret 2024
- Kozhemyako mengunjungi Pyongyang, perjalanan keduanya dalam tiga bulan.
- Delegasi kebudayaan Rusia mengunjungi Korea Utara.
- Kepala intelijen luar negeri Putin, Sergei Naryshkin, mengadakan pembicaraan di Pyongyang dengan Menteri Keamanan Negara Korea Utara Ri Chang Dae.
- Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri Korea Utara Yun mengunjungi Rusia lagi.

April 2024
- Delegasi pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pemuda Korea Utara masing-masing mengunjungi Rusia.
- Delegasi dari kebun binatang Moskow mengunjungi Pyongyang dan berjanji akan menyumbangkan lebih dari 40 hewan termasuk elang, kelelawar buah, burung beo, dan ular piton.

Mei 2024
- Ri Chung Gil, ketua komisi sains dan teknologi negara Korea Utara, mengunjungi Rusia.
- Nam Chol Gwang, kepala komite bencana darurat negara Korea Utara, menghadiri pameran keamanan internasional di Moskow.

Juni 2024
- Sekelompok otoritas keamanan Korea Utara yang dipimpin oleh Wakil Menteri Keamanan Publik Ri Song Chol mengunjungi Rusia.
- Putin mengunjungi Pyongyang untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

FOLLOW US