• News

Swedia Sebut Jet Militer Rusia Melanggar Wilayah Udaranya

Yati Maulana | Sabtu, 15/06/2024 22:05 WIB
Swedia Sebut Jet Militer Rusia Melanggar Wilayah Udaranya Bendera Rusia. Foto: Reuters

STOCKHOLM - Jet tempur Swedia mencegat sebuah pesawat militer Rusia setelah sempat melanggar wilayah udara Swedia pada Jumat di sebelah timur Pulau Gotland di Baltik, kata angkatan bersenjata negara Nordik itu pada Sabtu.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom menyebut pelanggaran wilayah udara itu “tidak dapat diterima” dan mengatakan pejabat dari Kedutaan Besar Rusia di Stockholm akan dipanggil ke kementeriannya atas insiden tersebut.

“Kami menjalin kontak dekat dengan sekutu dan mitra mengenai kejadian di wilayah kami,” kata Billstrom kepada Reuters melalui email.
Kedutaan Besar Rusia di Swedia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Angkatan bersenjata Swedia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jet Gripen dikirim untuk mencegat pesawat Rusia, SU-24, setelah gagal menanggapi peringatan radio dari pengawas lalu lintas udara militer.

Panglima Angkatan Udara Swedia Jonas Wikman mengatakan insiden itu menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap integritas wilayah Swedia. “Kami mengikuti seluruh rangkaian kejadian dan siap melakukan intervensi,” katanya.

Insiden hari Jumat itu terjadi ketika Swedia – anggota terbaru NATO – dan beberapa sekutu barunya ikut serta dalam latihan angkatan laut di Laut Baltik.

Militer Swedia mengatakan pelanggaran serupa yang dilakukan pesawat Rusia terakhir kali terjadi pada tahun 2022 ketika dua pesawat SU-27 dan dua pesawat SU-24 juga melanggar wilayah udaranya di dekat Gotland.

Negara tetangga Swedia, Finlandia, mengatakan secara terpisah pada hari Jumat bahwa pihaknya mencurigai empat pesawat militer Rusia telah melanggar wilayah udaranya pada 10 Juni.

FOLLOW US