• Sains

Laba-laba Joro asal Asia yang Menakutkan Menyerbu Taman di Amerika

Yati Maulana | Rabu, 12/06/2024 23:05 WIB
Laba-laba Joro asal Asia yang Menakutkan Menyerbu Taman di Amerika Laba-laba Jor asal Asia Timur menyerbu Amerika.

NEW YORK - Laba-laba Joro yang menakutkan seukuran tangan manusia menyebar di Pesisir Timur AS dan menuju ke utara.

Nama spesies Asia Timur ini diambil dari nama makhluk mitos Jepang Jorogumo, yang bisa berubah menjadi wanita cantik dan menjebak pria dengan sutra. Dengan garis-garis biru kehitaman dan kuning, kaki panjang dan terkadang sedikit warna merah, Joros mungkin terlihat menakutkan tetapi sebenarnya cukup pemalu.

"Mereka tidak berbahaya. Mereka tidak agresif. Bahkan jika Anda...mengejar laba-laba itu dan mengganggunya hingga ia menggigit Anda, itu tidak akan menjadi masalah," kata Daniel Kronauer, seorang peneliti. profesor madya di Universitas Rockefeller.

Kebanyakan laba-laba membeku kurang dari satu menit saat diganggu, namun Joros bisa mati lebih dari satu jam, demikian temuan peneliti dari University of Georgia.

Pertama kali terlihat di Amerika Serikat di negara bagian Georgia satu dekade lalu, Joro betina dapat tumbuh sebesar 8 inci (20 cm), dan jantan berukuran 4 inci (10 cm).

Joros, yang berasal dari Tiongkok, Jepang dan Korea dan dapat bertahan hidup di kaki bukit Himalaya, kemungkinan besar datang ke AS melalui jalur perdagangan, kata Kronauer. “Sebagian besar spesies invasif ini disebarkan oleh manusia, seringkali melalui kargo… yang dibawa oleh kapal sebagai pemberat.”

Sejak itu, Joros terus menyebar ke seluruh Carolina, Virginia dan Maryland, kata Kronauer. "Mereka cukup toleran terhadap suhu dingin. ... Itu sebabnya kita bisa memperkirakan mereka akan bergerak lebih jauh ke utara."

Dampak Joros terhadap ekosistem AS masih belum pasti, meskipun Joros cenderung tumbuh subur di taman, kebun, dan tempat parkir, kata Kronauer. "Ada kemungkinan besar bahwa mungkin musim panas ini kita akan melihat beberapa dari mereka di New York."

Tapi jangan takut, kecil kemungkinan Joros akan menggigit manusia atau hewan peliharaan. Mereka lebih suka memakan nyamuk, kecoa, tawon, dan serangga pengganggu lainnya.

FOLLOW US