• Gaya Hidup

Ketiga Putra Celine Dion Dorong Ibunya Melawan Penyakit Stiff Person Syndrome

Tri Umardini | Rabu, 12/06/2024 10:30 WIB
Ketiga Putra Celine Dion Dorong Ibunya Melawan Penyakit Stiff Person Syndrome Ketiga Putra Celine Dion Dorong Ibunya Melawan Penyakit Stiff Person Syndrome. (FOTO: DENISE TRUSCELLO)

JAKARTA - Saat ia melewati kesedihan dan perjuangan kesehatan yang parah selama bertahun-tahun, Celine Dion menggerakkan penggemarnya di seluruh dunia dengan keberanian dan ketangguhannya yang tak henti-hentinya.

Dikutip dari People untuk edisi sampul terbaru, Jumat (14/6/2024) mendatang, Celine Dion mengaku hari-hari tersulitnya, superstar musik - yang didiagnosis menderita sindrom orang kaku (Stiff Person Syndrome/SPS) autoimun dan kelainan neurologis langka pada Agustus 2022 hampir enam tahun setelah suaminya, René Angélil, meninggal dunia karena kanker tenggorokan - menceritakan kepada secara eksklusif dalam cerita sampul terbarunya (di tribun Jumat, 14 Juni) bahwa dia menemukan kekuatan dalam , dan untuk, ketiga putranya.

Sementara Celine Dion, ibu dari René-Charles (23), dan si kembar Nelson dan Eddy yang berusia 13 tahun, telah berjuang melawan masalah kesehatan misterius yang dimulai pada pertengahan tahun 2000-an, gejala-gejalanya (termasuk kejang otot yang menyiksa, kesulitan berjalan dan bernapas) secara dramatis memburuk pada tahun-tahun sebelum diagnosis SPS-nya.

"Saya hampir tidak bisa berjalan pada satu titik, dan saya sangat merindukan kehidupan. Anak-anak saya mulai menyadarinya. Saya seperti, `Oke, mereka sudah kehilangan orangtua. Saya tidak ingin mereka takut,`" kata Celine Dion (56) yang membuka tabir perjalanannya dalam film dokumenter Prime Video, I Am: Celine Dion (streaming secara global 25 Juni), disutradarai oleh sutradara nominasi Academy Award Irene Taylor.

“Saya memberitahu mereka, `Kamu kehilangan ayahmu, (tetapi) ibu mempunyai kondisi dan kondisinya berbeda. Saya tidak akan mati. Itu adalah sesuatu yang saya akan pelajari untuk menjalaninya.”

Setelah membatalkan rencana residensi dan tanggal tur di Las Vegas pada akhir tahun 2021 dan 2022, Celine Dion mengumumkan melalui video penuh air mata di Instagram pada bulan Desember 2022 bahwa dia telah didiagnosis menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

"Saya sudah lama menghadapi masalah kesehatan saya, dan sangat sulit bagi saya untuk menghadapi tantangan ini dan berbicara tentang semua yang telah saya lalui," katanya kepada penggemar, mengakui bahwa dia masih belajar tentang kondisi dan dampaknya terhadap kehidupan dan kariernya.

Dalam trailer film yang akan datang, pemenang Grammy lima kali itu menekankan betapa kerasnya dia bekerja untuk kembali ke panggung.

"Saya sangat merindukannya. Orang-orangnya, saya merindukan mereka," kata Celine Dion, yang menerima tepuk tangan meriah di Grammy pada bulan Februari ketika dia membuat penampilan kejutan untuk mempersembahkan penghargaan Album Terbaik Tahun Ini kepada Taylor Swift, yaitu "My Heart Pelantun Will Go On ini pertama kali menang 27 tahun lalu.

"Jika saya tidak bisa lari, saya akan berjalan. Jika saya tidak bisa berjalan, saya akan merangkak... Saya tidak akan berhenti."

Celine Dion juga akan terbuka tentang perjuangan kesehatannya dalam wawancara duduk dengan Hoda Kotb untuk acara primetime spesial NBC News, yang ditayangkan Selasa (11/6/2024) pukul 10 malam EST.

`Saya tidak meluangkan waktu - saya seharusnya berhenti, meluangkan waktu untuk mencari tahu,` katanya kepada Hoda Kotb (dalam pratinjau yang ditayangkan di Today).

“Suami saya juga berjuang untuk hidupnya sendiri. Saya harus membesarkan anak-anak saya, saya harus bersembunyi. Saya harus berusaha menjadi pahlawan," pungkasnya. (*)