• Sport

Kalahkan Madura United di Final Championship Series, Persib Resmi Juara BRI Liga 1 Musim Ini

Ariyan Rastya | Jum'at, 31/05/2024 21:27 WIB
Kalahkan Madura United di Final Championship Series, Persib Resmi Juara BRI Liga 1 Musim Ini Persib Bandung sukses memenangkan Championship Series usai tumbangkan Madura United. Foto: Dok LIB

JAKARTA - Persib Bandung sukses menjuarai Championship Series usai menang meyakinkan 3-1 atas Madura United. Berlaga di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, skuad asuhan Bojan Hodak berhasil menjadi juara BRI Liga 1 2023/2024 secara hakiki. 

Persib unggul dengan agregat 6-1. Di leg pertama final beberapa hari lalu, Persib yang tampil di kandang sendiri di Bandung mampu memang 3-0. 

Laga babak pertama sendiri berjalan ketat dan seru. Baik Madura United juga Persib tampil agresif. Modal kemenangan 3-0 di laga final leg pertama lalu membuat Persib tampil dengan penuh percaya diri. 

Sedangkan tuan rumah Madura United ingin mengejar ketinggalan 3 gol yang didapat di pertemuan pertama lalu di Bandung.

Madura United yang terus berusaha menekan dengan membuka sejumlah peluang selalu gagal karena ketatnya pertahanan Persib juga aksi cemerlang kiper Kevin Mendoza. Laga babak pertama berakhir dengan imbang tanpa gol alias 0-0. 

Di menit ke-60, berawal dari serangan balik, Persib membuka celah di lini pertahanan Madura United lewat penetrasi Ciro Alves yang melepaskan tendangan keras ke arah gawang Madura United yang dikawal kiper Lucas Henrique Frigeri. 

Bola muntah usai dihalau langsung diceploskan oleh David Da Silva dengan tenang dan merubah skor menjadi 1-0 untuk Persib

Ini menjadi gol ke-30 bagi pemain asal Brasil itu di BRI Liga 1 2023/24 ini. Gol ini juga makin membuat David Da Silva kokoh di puncak daftar pencetak gol terbanyak. Keunggulan agregat 4-0 membuat Persib makin percaya diri.

Sedangkan Madura United makin gigih untuk terus mengejar ketertinggalan yang didapat. Namun ketat dan solidnya pertahanan Persib membuat tuan rumah Madura United tak juga mampu membobol gawang Maung Bandung. 

Hanya saja memang harus diakui mentalitas tuan rumah juga tampak sedikit goyah usai gol David Da Silva dengan banyaknya muncul kesalahan mendasar seperti salah passing hingga miskomunikasi di lapangan.

Akhirnya menit ke-87, lagi-lagi berawal dari assist Ciro Alves, ada Marc Klok yang menceploskan bola ke gawang Madura United dan merubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Persib.  

Dan saat laga sudah di penghujung waktu, tepatnya di menit 90+2, Ciro Alves kembali menjadi petaka untuk Madura United dengan menyumbang assist kepada Beckham Putra yang mencetak gol dengan mudah. 

Menit 90+7, akhirnya Madura United mampu mencetak gol lewat eksekusi tendangan penalti Slamet Nurcahyo. Penalti diberikan usai bek Persib, Nick Kuipers dinyatakan handsball. 

Skor 3-1 untuk keunggulan Persib bertahan hingga laga yang dipimpin wasit Aidil Azmi usai. 

Kemenangan ini membuat Persib tampil sebagai juara BRI Liga 1 2023/24 usai unggul agregat 6-1 atas Madura United. Ini menjadi gelar juara yang sudah dinantikan 10 tahun oleh Persib yang terakhir mencatat sebagai juara Liga Indonesia pada tahun 2014 silam.

 

 

FOLLOW US