• Hiburan

Meryl Streep Sempat Berpikir Karirnya Berakhir saat Menghadiri Festival Film Cannes 1989

Tri Umardini | Sabtu, 18/05/2024 19:05 WIB
Meryl Streep Sempat Berpikir Karirnya Berakhir saat Menghadiri Festival Film Cannes 1989 Meryl Streep di Festival Film Cannes 1989. (FOTO: AFP VIA GETTY IMAGE)

JAKARTA - Saat Meryl Streep berusia 39 tahun, dia merasa kariernya telah “berakhir”.

Kini berusia 74 tahun, pemenang Oscar tiga kali ini merefleksikan pemikirannya tentang penuaan di industri film yang ia alami di Festival Film Cannes 1989.

“Tiga puluh lima tahun yang lalu ketika saya pertama kali berada di sini, saya sudah menjadi ibu dari tiga anak. Saya hampir berusia 40 tahun dan saya pikir karier saya sudah berakhir,” kata Meryl Streep saat menerima penghargaan kehormatan Palme d`Or pada upacara malam pembukaan Festival Film Cannes 2024 pada 14 Mei 2024.

“Dan itu bukanlah ekspektasi yang tidak realistis bagi para aktris pada saat itu,” lanjut Meryl Streep, yang memenangkan penghargaan aktris terbaik festival tahun 1989 untuk debutnya di Cannes (Evil Angels tahun 1988).

“Aku hanya bersyukur kamu tidak muak dengan wajahku, karena kamu belum turun dari kereta.”

Meryl Streep mengakhiri pidato penerimaannya dengan kutipan dari mendiang ibunya.

“Ibuku, yang biasanya benar dalam segala hal, berkata kepadaku, `Meryl, sayang, kamu akan melihat semuanya berjalan begitu cepat. Sangat cepat.` Dan memang demikian. Kecuali pidato saya yang terlalu panjang,” kata bintang Sophie`s Choice itu.

Keesokan harinya, pada tanggal 15 Mei dalam panel di Le Palais des Festivals, Meryl Streep menguraikan lebih lanjut pengalaman pertamanya di Cannes.

“Mereka berkata, `Anda memerlukan sembilan pengawal.` Saya berkata, `Saya bahkan tidak membutuhkan satu pengawal pun. Percayalah, saya tidak membutuhkannya. Saya tidak punya pengawal. … Saya tidak pernah memiliki pengawal,`” kenangnya.

“Mereka berkata, `Kamu memerlukan sembilan.` Saya mungkin memerlukan selusin saat pertama kali datang ke sini karena di masa lalu, entahlah, tidak ada keamanan yang sama.”

Meryl Streep mengatakan festival tersebut tidak memiliki semua hambatan keamanan pada saat itu.

“Itu gila. Saya hampir tidak pulih dari itu. Saya pergi ke kamar hotel dan saya tidak percaya betapa liarnya itu,” tambahnya.

“Jadi itu 35 tahun yang lalu. Banyak yang berubah... Aku sangat takut. Maksudku, kamu harus sadar, aku takut. Secara fisik, karena saya tidak tahu, saya bukan bintang Rock.”

Sebelum menghadiri Cannes pada tahun 1989, Meryl Streep telah mendapatkan delapan nominasi Oscar, memenangkan Aktris Pendukung Terbaik untuk Kramer vs. Kramer tahun 1979 dan Aktris Terbaik untuk Sophie`s Choice tahun 1982.

Dia kemudian menjadi pemain dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Academy Awards dengan 21 nominasi akting dan tiga kemenangan (yang ketiga untuk The Iron Lady tahun 2011).

Di panel, Meryl Streep mengenang memenangkan Oscar pertamanya pada tahun 1980 dan secara tidak sengaja meninggalkan patung tersebut di kamar kecil tempat upacara.

"Ya saya lakukan. Saya meninggalkannya di kamar kecil,” kenangnya.

“Gaunnya sangat besar dan saya harus mengangkatnya dan meletakkannya lalu lupa bahwa itu ada di bawahnya, tetapi seseorang menemukannya. Orang berikutnya yang masuk.” (*)

 

FOLLOW US