Kamis, 27/02/2020 06:50 WIB

  • Bisnis

Kini, Perizinan Ekspor Semudah Membalik Telapak Tangan

Kamis, 16/01/2020 15:35 WIB
  Kini, Perizinan Ekspor Semudah Membalik Telapak Tangan Ilustrasi ekspor

Jakarta, Katakini.com - Berbagai kemudahan kini menunggu para aksportir. Kemudahan tersebut mulai dari perizinan hingga informasi regulasi negara tujuan ekspor.

Untuk memudahkan perizinan, eksportir bisa mengakses aplikasi INSWMobile yang diluncurkan Rabu (15/01/2020). Aplikasi digital ini hasil kerja bareng antara Kementerian Keuangan, Lembaga National Single Window (LNSW), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), serta Ditjen Bea dan Cukai.

Kepala LNSW M.Agus Rofiudin mengatakan, aplikasi tersebut dapat digunakan para eksportir untuk melacak atau tracking dokumen perizinan, dokumen status Pemberitahuan Impor Barang (PIB), Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Keterangan Asal atau Certificate of Origin (SKA/CoO) dan informasi terkait larangan dan pembatasan pada laman Indonesia National Trade Repository (INTR). Di samping itu, eksportir juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk berkonsultasi dan mengakses informasi kegiatan ekspor langsung dari Kementerian yang berkaitan dengan ekspor-impor.

"Dengan hadirnya aplikasi ini, saya berharap kegiatan ekspor nasional akan lebih meningkat sehingga tujuan pemerintah sebagaimana arahan Presiden dapat kami capai," jelas Agus, Rabu (15/01/2020).

Kemudahan juga dilakukan dengan membangun kantor bersama antara LNSW, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak untuk menyediakan informasi mengenai kesempatan pasar di luar negeri, regulasi pajak keluar serta regulasi negara yang akan dituju.