Debut Box Office, IF Siap Menggulingkan Kingdom of the Planet of the Apes

Tri Umardini | Senin, 20/05/2024 10:30 WIB

Debut Box Office, IF Siap Menggulingkan Kingdom of the Planet of the Apes Film IF yang dibintangi Ryan Reynolds, Cailey Fleming, dan sejumlah bintang ternama lainnya. (FOTO: PARAMOUNT PICTURES)

JAKARTA - Sungguh mengagumkan bagi penulis-sutradara John Krasinski untuk mencairkan cek kosong yang dipotong Paramount Pictures setelah kesuksesan blockbuster dari dua film A Quiet Place-nya pada sesuatu yang sangat berbeda seperti IF.

Film animasi live-action dengan rating PG dibuka di bioskop pada hari Jumat (17/5/2024), berada di bawah ekspektasi di box office domestik.

Namun ini masih tahap awal, dan film keluarga cenderung memiliki durasi yang lebih panjang selama musim panas, yang berarti meskipun perkiraan pembukaan akhir pekan sebesar $30 juta — film tersebut diharapkan menghasilkan sekitar $40 juta — IF pada akhirnya dapat mencapai pencapaian $100 juta yang didambakan di dalam negeri.

Dibintangi oleh John Krasinski sendiri, bersama Ryan Reynolds, pendatang baru Cailey Fleming dan pengisi suara bertabur bintang, IF dibuka untuk $10 juta pada hari pertama penayangan di bioskop.

Baca juga :
Swifties yang Menonton Eras Tour Taylor Swift Sebabkan `Gempa` di Skotlandia

Hal ini menempatkan film tersebut dalam kisaran yang sama dengan Free Guy karya Ryan Reynolds , yang memulai debutnya dengan $28 juta pada akhir pekan pembukaannya di puncak pandemi tahun 2021, sebelum mengakhiri penayangan domestiknya dengan lebih dari $120 juta.

Baca juga :
Putus dari Taylor Swift, Pentolan The 1975 Matty Healy Bertunangan dengan Model Gabbriette Bechtel

Ulasan untuk IF beragam, dengan film tersebut saat ini mendapat skor "busuk" 50% di situs agregator Rotten Tomatoes. Namun penerimaan penonton adalah kuncinya di sini; film tersebut memperoleh A CinemaScore dari penonton pada hari pembukaan, dan mendapat rating persetujuan penonton sebesar 84% di RT.

Dalam ulasannya, Ross Bonaime dari Collider menulis bahwa IF “pada dasarnya terasa seperti menerima pelukan hangat sambil menangis.”

Baca juga :
Lolos dari Sanksi FIFA, Persija Mulai Berburu Pemain Baru

Turun ke posisi kedua setelah melampaui ekspektasi dalam debut domestiknya minggu lalu, Kingdom of the Planet of the Apes dari 20th Century Studios meraup $6,8 juta pada Jumat kedua, sehingga total penayangannya menjadi lebih dari $80 juta.

Angsuran keempat dalam seri reboot Planet of the Apes mengincar sekitar $25 juta pada akhir pekan ini, dan jika film tersebut masuk dalam proyeksi yang lebih tinggi, maka film tersebut akan mencapai angka $100 juta di dalam negeri pada hari Minggu (19/5/2024).

Film tent-pole senilai $160 juta ini meraup $58 juta pada akhir pekan pertama, mengungguli seri reboot sebelumnya seperti Rise of the Planet of the Apes dan War for the Planet of the Apes.

Film Asli Tent-Pole Berbenturan dengan Waralaba Akhir Pekan Ini

Memulai debutnya di tempat ketiga, The Strangers — Chapter 1 yang diulas dengan sangat buruk sedang menghasilkan $13 juta pada pembukaan akhir pekan setelah meraup $5 juta pada hari Jumat.

Meskipun hal ini jelas menempatkan film tersebut di depan proyeksi, ini bukanlah rebound yang sangat dibutuhkan oleh genre horor saat ini.

The Strangers mengisahkan serangkaian film horor yang berkinerja buruk seperti Abigail, The First Omen, dan yang terbaru, Tarot.

Film ini saat ini mendapat skor RT 13% yang "buruk" , dengan penerimaan penonton yang sama - film ini mendapat rating persetujuan penonton 42% di RT, dan C CinemaScore.

Di tempat keempat, The Fall Guy dari Universal menghasilkan $2,2 juta pada hari Jumat ketiganya, dan akan mencapai angka $60 juta pada hari Minggu jika mampu memenuhi proyeksi pendapatan $8 juta pada akhir pekan ini.

Namun tidak peduli bagaimana Anda memotongnya, komedi aksi ini sedang berjuang untuk menandingi desas-desus pra-rilisnya, dan masih mengikuti film terakhir sutradara David Leitch, Bullet Train.

Tapi film itu, yang menampilkan Brad Pitt bersama ansambel berbakat, akhirnya berhasil melampaui angka $100 juta di dalam negeri, yang merupakan target realistis untuk The Fall Guy, yang berperan sebagai tindak lanjut dari bintang Ryan Gosling dan Emily Blunt untuk film mereka masing-masing. Film laris 2023, Barbie dan Oppenheimer.

Meningkat dalam debut domestiknya, film biografi mendiang penyanyi Amy Winehouse karya sutradara Sam Taylor-Johnson, Back to Black, hanya menghasilkan $3 juta di akhir pekan pertama setelah meraup $1,2 juta pada hari Jumat.

Film ini dihancurkan oleh para kritikus ketika debutnya di Inggris beberapa minggu yang lalu, dan saat ini mendapat rating persetujuan 36% yang “busuk” di RT.

Film ini telah meraup hampir $40 juta dari pasar luar negeri menjelang peluncurannya di Amerika.

Dalam beberapa tahun terakhir, film biografi musik seperti Bohemian Rhapsody, Rocketman, Elvis, dan yang terbaru, Bob Marley: One Love, meraih kesuksesan yang sangat baik di box office, sehingga meningkatkan pertaruhan bagi Back to Black. (*)

KEYWORD :
IF Kingdom of the Planet