• Gaya Hidup

Berisiko Tinggi Kena Alzheimer, Chris Hemsworth Mundur dari Dunia Akting

Nitro Luindimar | Kamis, 24/11/2022 10:30 WIB
Berisiko Tinggi Kena Alzheimer, Chris Hemsworth Mundur dari Dunia Akting Berisiko Tinggi Kena Alzheimer, Chris Hemsworth Mundur dari Dunia Akting (FOTO: HO VIA THE GUARDIAN)

JAKARTA - Chris Hemsworth tidak asing dengan tindakan menantang maut.

Bintang Hollywood ini telah menghabiskan dekade terakhir sebagai Marvel`s Thor, Dewa Petir Asgardian.

Tetapi saat syuting serial Disney+ barunya, Limitless, Chris Hemsworth menerima dosis kematian yang tinggi ketika dia mengetahui risiko tingginya terkena Alzheimer.

Usai mengetahui risiko tersebut, A-lister Australia dengan cepat mengumumkan istirahat dari dunia akting setelah pemutaran perdana serial tersebut.

Konsep di balik film dokumenter National Geographic, Limitless on Disney+ sedikit menarik.

Pertama, tujuan utama serial ini bukan untuk menentang kematian, melainkan untuk memperpanjang hidup. Namun untuk melakukan itu, seseorang harus belajar menentang (atau mencegah) kematian. Sulit.

Jadi Limitless menargetkan titik lemah Chris Hemsworth — stresnya, kurang tidur, ketergantungan pada teknologi, dll. — dan mengajarinya cara mengelola silent killers hari ini dengan lebih baik.

Pencariannya menarik. Saat mencoba mengatasi stresnya, Chris Hemsworth berlatih berjalan di atas derek yang digantung di puncak gedung pencakar langit di Sydney, Australia — aktivitas yang sangat menegangkan bahkan bagi mereka yang tidak takut ketinggian.

Serial ini juga menyelidiki bagaimana suhu ekstrem, puasa, kekuatan fisik, dan kerja memori dapat menghasilkan umur panjang.

Selama Limitless Episode 5, “Memory,” serial ini mengambil giliran yang menyayat hati.

Saat syuting `Limitless,` Chris Hemsworth menemukan risiko genetiknya yang tinggi untuk Alzheimer

Awalnya, Limitless Episode 5 seharusnya menunjukkan Chris Hemsworth mempelajari hasilnya dari berbagai tes darah di depan kamera.

Kemudian dia dan dokter akan membahas penanganan apa yang mungkin mengganggu Chris Hemsworth dari dalam.

Tetapi aktor tersebut memberitahu Vanity Fair bahwa hasilnya menyebabkan perubahan rute dari rencana itu.

Chris Hemsworth mengatakan dokter umur panjang Limitless, Peter Attia, menelepon pembuat serial, Darren Aronofsky, dan berkata, "Saya tidak ingin memberi tahu (Chris Hemsworth) ini di depan kamera."

Attia dan Aronofsky kemudian memanggil aktor tersebut untuk menyampaikan berita tersebut secara pribadi.

Chris Hemsworth-lah yang memutuskan untuk memasukkan informasi tersebut ke dalam episode tersebut.

Pemeriksaan darahnya menunjukkan dia memiliki dua salinan gen APOE4, satu dari setiap sisi keluarganya.

Itu berarti Chris Hemsworth delapan sampai 10 kali lebih mungkin mendapat penyakit Alzheimer daripada rata-rata orang.

Tak ayal berita tersebut membuat Chris Hemsworth terpukul. Bahkan dengan Chris Hemsworth menyadari hasilnya pada saat mereka membacakannya di depan kamera.

Hanya beberapa hari setelah serial tersebut ditayangkan perdana di Disney+ dan risiko Alzheimernya terungkap, Chris Hemsworth mengumumkan bahwa dia mundur dari dunia akting untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Chris Hemsworth bukan satu-satunya yang dibuat untuk memperhitungkan kematiannya selama pembuatan film Limitless.

Selama episode 4, “Kekuatan,” dia mulai berlatih panjat tali. Tapi ini bukan panjat tali biasa — tali itu digantung di kereta gantung yang digantung di udara.

Selama wawancara di Jimmy Kimmel Live, Chris Hemsworth menjelaskan bagaimana dia melukai pergelangan kakinya saat berlatih untuk aksi tersebut.

Saat itulah Marvel “masuk dan berkata, `Tidak. Pertunjukan yang mungkin membunuhnya, Anda bisa melakukannya setelah film kami.`”

Tetapi pada saat Chris Hemsworth dapat melanjutkan syuting aksi tersebut, dia memiliki tubuh Thor yang besar sehingga membuat aktivitasnya jauh lebih sulit.

“Itu menjadi keinginan untuk berkelahi untuk mencoba dan bangkit,” kenangnya.

Namun terlepas dari aksi-aksi utama Limitless yang menantang maut, serial ini lebih dari sekadar menonton Thor yang dianggap sebagai makhluk fana.

Slash Film melaporkan bahwa “saat Chris Hemsworth mendekati usia 40 , itu menjadi lebih sulit, dan tubuh menyerah pada waktu pada tingkat tertentu. Oleh karena itu, ketertarikannya dengan keinginan untuk mengejar umur panjang.”

Tapi serial ini benar-benar tentang kita semua yang mencoba menjalani hidup kita yang paling sehat dan penuh.

Dan dalam semangat itu, mungkin hal terbesar yang bisa diambil adalah mengambil satu halaman dari buku Chris Hemsworth dan menikmati hal-hal yang paling berarti. (*)

FOLLOW US