• Bisnis

Asyik Gaji Ke-13 PNS Cair, Yuk Sisihkan Dana Investasi SBN Ritel 2022

Nitro Luindimar | Sabtu, 02/07/2022 15:50 WIB
Asyik Gaji Ke-13 PNS Cair, Yuk Sisihkan Dana Investasi SBN Ritel 2022 Asyik Gaji Ke-13 PNS Cair, Yuk Sisihkan Dana untuk Investasi SBN Ritel 2022. FOTO: SHUTTERSTOCK

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dijadwalkan menerima pencairan gaji ke-13 pada Jumat (1/7/2022) kemarin.

Dapat uang lebih, jangan dihabiskan. Sebaiknya kita mulai berinvestasi agar tidak menyesal di kemudian hari.

Salah satu cara agar gaji ke-13 PNS tersebut bisa bertumbuh dan memberikan cuan adalah dengan diinvestasikan di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Bunda peroleh jika menginvestasikan sebagian atau seluruh gaji ke-13 PNS ke SBN Ritel.

Antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, serta mudah dan praktis karena semua dilakukan secara online.

Pada tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan 6 seri SBN Ritel.

Kira-kira SBN Ritel seri apa yang bakal terbit bulan depan? Berdasarkan jadwal Kemenkeu, pada 19 Agustus 2022, pemerintah mulai membuka masa penawaran Sukuk Negara Ritel seri SR017.

Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Jadwal Penawaran Seri SBN Ritel 2022:

1. Obligasi Negara Ritel ORI021
24 Januari - 17 Februari 2022

2. Sukuk Negara Ritel SR016
25 Februari - 17 Maret 2022

3. Savings Bond Ritel SBR011
25 Mei - 16 Juni 2022

4. Sukuk Negara Ritel SR017
19 Agustus - 14 September 2022

5. Obligasi Negara Ritel ORI022
26 September - 20 Oktober 2022*

6. Sukuk Tabungan ST009
28 Oktober - 16 November 2022*

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan, *tentatif sesuai jadwal dari Kemenkeu

Melalui investasi Sukuk Ritel, pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada Warga Negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional.

Hasil investasi Sukuk Ritel akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

SR017 bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Untuk Anda yang belum memiliki akun SBN di Bareksa, sebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya.

Apa saja manfaat yang bisa diperoleh investor yang berinvestasi SBN Ritel?

Keuntungan Bagi Investor
Manfaat yang bisa didapatkan investor jika berinvestasi di SBN Ritel antara lain :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang tentang Surat Utang Negara dan dananya disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya. Sehingga, semua jenis SBN Ritel hampir tidak memiliki risiko gagal bayar.

Kedua, investor berpartisipasi dalam membangun negara dengan turut menyediakan dana untuk pembangunan nasional.

Ketiga, pajak yang ditanggung investor atas imbal hasil SBN Ritel lebih kecil dibandingkan pajak pada instrumen investasi lainnya. Sebagai gambaran pajak atas imbal hasil SBN Ritel hanya 10 persen, jauh di bawah pajak bunga deposito yang sebesar 20 persen.

Keempat, kupon yang diterima atas produk SBN Ritel lebih kompetitif dibandingkan instrumen investasi lainnya dan diterima setiap bulannya.

Kelima, SBN Ritel dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Keenam, berpotensi mendapatkan potential capital gain.

Keuntungan Bagi Negara
Adapun keuntungan yang diperoleh pemerintah dengan menerbitkan SBN Ritel antara lain memperluas basis penerimaan negara terutama dari dalam negeri. Selain itu, meningkatnya peran masyarakat dalam mendukung pembangunan nasional.

Ternyata banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan investasi di SBN Ritel.Yuk Bunda segera bersiap memborong SR017! (*)

FOLLOW US