• News

Sepanjang 2021, RI Akan Terima 50 Juta Vaksin Pfizer

Eko Budhiarto | Kamis, 15/07/2021 13:17 WIB
Sepanjang 2021, RI Akan Terima 50 Juta Vaksin Pfizer Ilustrasi vaksin Pfizer. ( Anadolu Agency )

Katakini.com - Indonesia akan kedatangan 50 juta dosis vaksin covid-19 buatan Pfizer sepanjang 2021. Hal ini menyusul kesepakatan antara
Kementerian Kesehatan RI dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di Indonesia. Dengan bertambahnya stok vaksin 50 juta dosis merk Pfizer ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui pernyataan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Budi mengatakan perjanjian kerja sama vaksin Pfizer atau dengan nama lain BNT 162b2 itu merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19.

Budi menyambut vaksin berplatform RNA-Based tersebut menjadi salah satu vaksin COVID-19 yang digunakan untuk program percepatan vaksinasi di Indonesia.

PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE menyediakan 50 juta dosis setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat (EUA).

“Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari BPOM,” kata Budi.

Pfizer dan BioNTech menargetkan untuk memproduksi 3 miliar dosis vaksin COVID-19 secara global sampai dengan akhir 2021. Hal ini dengan asumsi pelabelan enam dosis yang diperbarui, perbaikan proses secara terus-menerus, perluasan fasilitas produksi yang ada, serta melalui penambahan pemasok baru dan produsen kontrak.

Uji klinis Pfizer tahap 3 dikembangkan berdasarkan teknologi messenger RNA (mRNA) milik BioNTech, dimulai pada akhir bulan Juli 2020 dan pendaftaran atas produk vaksin ini diselesaikan pada bulan Januari 2021 dengan lebih dari 46.000 peserta.

 

FOLLOW US