Bela Ukraina, Biden Pidato berapi-api Buktikan Kemampuannya Pimpin AS

| Rabu, 10/07/2024 20:10 WIB
Bela Ukraina, Biden Pidato berapi-api Buktikan Kemampuannya Pimpin AS Keith Kellogg, penasihat keamanan nasional untuk Wakil Presiden Mike Pence, berbicara dalam Konvensi Nasional Partai Republik di Washington, AS, 26 Agustus 2020. REUTERS

WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden berjanji akan membela Ukraina dengan tegas dari invasi Rusia pada KTT NATO di Washington pada Selasa. Dia menggunakan panggung global untuk mencoba menunjukkan kepada sekutunya di dalam dan luar negeri bahwa ia masih bisa memimpin.

Biden, 81 tahun, telah menjalani 12 hari dengan pertanyaan-pertanyaan yang melemahkan mengenai kelayakannya untuk menjabat karena beberapa rekannya dari Partai Demokrat di Capitol Hill dan para donor kampanye khawatir bahwa ia akan kalah dalam pemilu 5 November setelah penampilan debatnya terhenti pada 27 Juni.

"(Vladimir) Putin menginginkan tidak kurang dari penaklukan total Ukraina... dan menghapus Ukraina dari peta," kata Biden saat menyambut negara-negara anggota NATO di KTT tersebut, mengacu pada presiden Rusia. “Ukraina bisa dan akan menghentikan Putin.”

Gedung Putih berharap Trump dapat membuka lembaran baru dari masa sulit dalam masa kepresidenannya dengan pidato kebijakannya yang paling menonjol sejak debat tersebut, meskipun beberapa diplomat di KTT tersebut mengatakan bahwa dampak buruknya sulit untuk dihapuskan.

Pada hari Selasa, Biden berbicara melalui teleprompter dengan suara yang kuat dan percaya diri dan menghindari kesalahan verbal dan tanda-tanda kebingungan yang menandai penampilan debatnya.
Biden dibingkai oleh dinding berlapis emas di aula federal tempat perjanjian pembentukan NATO ditandatangani, pidatonya diawali dengan pertunjukan musik yang menggemparkan dari band Korps Marinir AS.

“Saat ini NATO lebih kuat dibandingkan yang pernah terjadi dalam sejarahnya,” katanya.

Biden telah menolak seruan untuk mundur dalam persaingannya melawan Donald Trump, 78 tahun, dari Partai Republik, dan berjanji untuk mengalahkannya pada bulan November. Sejauh ini, ia masih mendapat dukungan publik dari sebagian besar elite partainya.

Presiden AS telah menjadikan pemulihan aliansi tradisional di luar negeri sebagai inti kebijakan luar negerinya setelah Trump menantang sekutunya sebagai bagian dari pendekatan "America First". Pemenang pemilu pada bulan November dapat mempunyai dampak besar terhadap masa depan NATO, Eropa dan seluruh dunia.

“Kami tidak melihat bagaimana dia bisa kembali lagi setelah debat tersebut,” kata seorang diplomat Eropa, yang menolak pidato hari Selasa itu sebagai bukti ketahanan Biden karena sudah direncanakan. “Saya tidak bisa membayangkan dia memimpin AS dan NATO selama empat tahun lagi.”

Trump telah menyatakan bahwa, dengan masa jabatannya yang kedua, dia tidak akan membela anggota NATO jika mereka diserang militer dan tidak memenuhi target belanja pertahanan aliansi sebesar 2% dari PDB tahunan mereka. Ia juga mempertanyakan jumlah bantuan yang diberikan kepada Ukraina dalam perjuangannya melawan invasi Rusia.

Biden menutup pidatonya dengan mengejutkan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dengan Presidential Medal of Freedom, memberikan penghargaan sipil tertinggi AS kepada politisi Norwegia tersebut dan memujinya karena telah menghidupkan kembali aliansi yang beranggotakan 32 negara tersebut.

Inti dari KTT NATO adalah komitmen baru bantuan militer dan kemanusiaan ke Ukraina. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pertemuan puncak itu akan “lebih memperkuat” jalan negara yang dilanda perang itu menuju keanggotaan NATO.

Biden dan para pemimpin Jerman, Italia, Belanda dan Rumania mengeluarkan pernyataan bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy yang mengumumkan pengiriman lima sistem pertahanan udara Patriot tambahan dan sistem pertahanan udara strategis lainnya untuk melindungi kota-kota, warga sipil, dan tentara Ukraina.

Mereka mengatakan sistem pertahanan udara strategis tambahan akan diumumkan tahun ini.

Zelenskiy, yang tiba di Washington pada hari Selasa dan dijadwalkan bertemu dengan Biden pada hari Kamis, mengatakan Ukraina membutuhkan minimal tujuh sistem Patriot, sebuah tujuan yang dapat dicapai melalui pengiriman baru yang diumumkan pada hari Selasa.

“Kami memperjuangkan jaminan keamanan tambahan untuk Ukraina – dan ini adalah senjata dan keuangan, dukungan politik,” katanya di media sosial.

Ukraina pada akhirnya ingin bergabung dengan NATO untuk menangkal serangan Rusia lebih lanjut di masa depan, namun kandidat harus disetujui oleh semua anggota aliansi, beberapa di antaranya khawatir akan memicu konflik langsung dengan Rusia.

Beberapa anggota menginginkan aliansi tersebut memperjelas bahwa Ukraina bergerak menuju NATO “tanpa dapat diubah” dan ingin menyampaikan pernyataan dalam pertemuan puncak di luar janji aliansi tahun lalu bahwa “masa depan Ukraina ada di NATO.”

NATO, yang merayakan hari jadinya yang ke-75, telah menemukan tujuan baru dalam menentang invasi Putin di Ukraina dan perang sengit akan mendominasi percakapan pribadi antara para pemimpin negara-negara tersebut.

Para pemimpin tersebut sudah cemas dengan prospek mundurnya Trump eh, datang ke Washington dengan kekhawatiran baru mengenai kelangsungan kekuasaan Biden, menurut diplomat dari negara mereka.

Biden akan mengadakan konferensi pers tunggal yang jarang dilakukan pada hari Kamis, yang juga bertujuan untuk meredakan kekhawatiran.

Ketika Biden mencoba menggalang dukungan sekutu dan dalam negeri, beberapa pejabat tinggi Eropa bertemu dengan penasihat kebijakan luar negeri Trump selama pertemuan puncak.

Para pemimpin NATO menghadapi ketidakpastian politik di Eropa, dengan kelumpuhan yang terjadi di Perancis setelah perolehan suara dari partai-partai sayap kiri dan kanan serta melemahnya koalisi Kanselir Jerman Olaf Scholz setelah hasil pemilu Parlemen Eropa yang buruk.

Seorang pejabat intelijen AS mengatakan pada hari Selasa bahwa Rusia lebih memilih Trump memenangkan pemilu mendatang.

Perdana Menteri Inggris yang baru, Keir Starmer, mengatakan saat ia menuju KTT NATO pertamanya bahwa ia akan memenuhi komitmen kampanye untuk meningkatkan belanja pertahanan Inggris hingga 2,5% dari PDB, namun ia menggarisbawahi bahwa ia hanya akan melakukan hal tersebut ketika negara tersebut mampu membiayainya dan setelah melakukan peninjauan terhadap strategi pertahanan Inggris.

Seorang pejabat senior NATO mengatakan pada hari Selasa bahwa Rusia kekurangan amunisi dan pasukan untuk memulai serangan besar-besaran di Ukraina dan perlu mengamankan pasokan amunisi yang signifikan dari negara-negara lain melebihi apa yang sudah mereka miliki.

Namun dia memperkirakan Rusia akan mampu mempertahankan ekonomi perangnya selama tiga hingga empat tahun lagi dan juga mengatakan “akan memakan waktu lama” sebelum Ukraina mengumpulkan amunisi dan personel yang dibutuhkan untuk melakukan operasi ofensif skala besar.

----------Presiden Joe Biden menyampaikan pidato di acara NATO untuk memperingati 75 tahun aliansi tersebut, di Washington, AS, 9 Juli 2024. REUTERS

==========================================

Penasihat Kebijakan Luar Negeri Trump Bertemu Pejabat Eropa di KTT NATO

WASHINGTON - Beberapa pejabat tinggi Eropa telah bertemu dengan penasihat kebijakan luar negeri utama Donald Trump selama KTT NATO yang sedang berlangsung di Washington minggu ini. Para sekutu Amerika bersiap untuk kemungkinan terpilihnya kembali mantan presiden tersebut.

Keith Kellogg, pensiunan letnan jenderal yang menjabat sebagai kepala staf Dewan Keamanan Nasional Trump, mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah bertemu dengan beberapa pejabat Eropa dalam beberapa hari terakhir, termasuk menteri luar negeri. Dia tidak mengungkapkan identitas para pejabat asing tersebut atau apa yang dibahas selama pembicaraan tersebut.

Kellogg, yang sering berhubungan dengan Trump, telah menekankan bahwa dia tidak mewakili mantan presiden tersebut atau tim kampanyenya.

Namun, para pejabat Eropa masih haus akan informasi apa pun yang dapat mereka peroleh mengenai kebijakan luar negeri Trump jika ia mengalahkan Presiden Partai Demokrat Joe Biden pada pemilu 5 November. Dalam beberapa bulan terakhir, diplomat asing rutin bertemu dengan pejabat pemerintahan Trump pada 2017-2021.

Di antara kekhawatiran utama di negara-negara Eropa adalah bagaimana Trump akan menangani perang di Ukraina dan hubungan Amerika dengan NATO. Mantan presiden tersebut dan sekutu-sekutunya telah menyatakan keraguannya mengenai pengiriman lebih banyak bantuan ke Ukraina, dan Trump telah berulang kali mengkritik negara-negara NATO karena terlalu sedikit mengeluarkan dana untuk pertahanan.

Kinerja debat Biden yang buruk pada bulan lalu tampaknya telah meningkatkan peluang Trump. Mantan presiden tersebut unggul atas Biden dengan selisih 2,1 poin persentase secara nasional, menurut rata-rata jajak pendapat yang diselenggarakan oleh situs web FiveThirtyEight, sementara Biden unggul tipis menjelang debat tersebut.

Meskipun Kellogg tidak mengungkapkan dengan siapa dia bertemu, dia memposting, membuka tab baru sebuah gambar di X pada hari Senin tentang apa yang dia gambarkan sebagai "diskusi informal" dengan Ketua Parlemen Ukraina Ruslan Stefanchuk.

Pada bulan Juni, Reuters melaporkan bahwa Kellogg dan penasihat Trump lainnya telah menyampaikan rencana kepada mantan presiden tersebut untuk mengakhiri perang Ukraina dengan mengkondisikan bantuan apa pun di masa depan ke Kyiv jika para pemimpin Ukraina setuju untuk melakukan pembicaraan damai dengan Moskow.

Tiga mantan pejabat kebijakan luar negeri Trump lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah didekati oleh delegasi Eropa mengenai pertemuan selama KTT NATO, meskipun pertemuan tersebut tidak dilakukan, terutama karena alasan logistik. Para pejabat tersebut meminta anonimitas untuk membahas diskusi pribadi.

Secara terpisah, Perdana Menteri Makedonia Utara Hristijan Mickoski bertemu dengan Richard Grenell, mantan penjabat direktur Intelijen Nasional di bawah Trump, menurut gambar yang diposting Mickoski di Facebook pada hari Senin.

FOLLOW US