Ribuan Warga Israel Berunjuk Rasa Peringati Ulang Tahun Sandera

| Minggu, 23/06/2024 15:15 WIB
Ribuan Warga Israel Berunjuk Rasa Peringati Ulang Tahun Sandera Orang-orang memegang spanduk saat menghadiri pawai protes pada ulang tahun sandera Israel Naama Levy yang ke-20, di Tel Aviv, Israel, 22 Juni 2024. REUTERS

JERUSALEM - Ribuan warga Israel berunjuk rasa di Tel Aviv pada Sabtu untuk memperingati ulang tahun ke-20 Naama Levy, yang disandera di Gaza sejak 7 Oktober, dan menyerukan gencatan senjata segera dalam perang dengan warga Palestina dan kelompok militan Hamas.

Melepaskan balon-balon dan bernyanyi mengikuti irama genderang, para pengunjuk rasa berbagi kue-kue kecil yang dihias dengan lilin ulang tahun, sambil menuntut pembebasan semua sandera yang disandera oleh Hamas setelah serangan mematikan mereka terhadap Israel delapan bulan lalu.

“Dia harus berada di sini bersama keluarganya, bersama teman-temannya,” kata Yoni Levy, 52, ayah Naama, yang mengenakan kemeja bergambar putrinya.

Pada hari Kamis, kakak laki-laki Naama, Amit, membagikan kenangan tentang saudara perempuannya kepada Reuters, sambil menunjuk ke wajah Naama yang tersenyum dalam gambar majalah dengan judul: "Bawa Dia Pulang".

“Aku benar-benar tidak sabar untuk melihat senyuman ini ketika dia segera kembali,” ujarnya.

Sebuah video Naama yang diposting oleh militan Hamas pada 7 Oktober – menunjukkan dia dengan tangan terikat di belakang punggung, mengenakan piyama compang-camping dan tampak terluka – menjadi viral di media sosial.

Dia baru saja memulai tugasnya di Angkatan Pertahanan Israel ketika dia ditangkap, bersama dengan empat tentara wanita lainnya yang wajib militer, dalam serangan yang memicu perang Israel di Gaza.

Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang dalam serangan itu dan menyandera lebih dari 250 orang. Tanggapan Israel telah membuat Gaza hancur dan menewaskan lebih dari 37.400 orang, termasuk 101 orang dalam 24 jam terakhir, menurut otoritas kesehatan Palestina.

FOLLOW US