• News

Satu Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Yunani yang Dipicu Angin Kencang

Yati Maulana | Sabtu, 22/06/2024 22:05 WIB
Satu Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Yunani yang Dipicu Angin Kencang Seorang penduduk setempat memegang botol air di samping api yang menyala di desa Latas, di Yunani selatan, 21 Juni 2024. REUTERS

ATHENA - Seorang pria tewas pada Jumat ketika beberapa kebakaran hutan yang dipicu oleh angin kencang melanda ujung selatan Yunani dan memaksa evakuasi, kata pemadam kebakaran.

Pria berusia 55 tahun itu terluka dalam kebakaran di wilayah Ilia di semenanjung Peloponnese dan meninggal di rumah sakit, kata seorang pejabat dinas pemadam kebakaran.

Sekitar 120 petugas pemadam kebakaran, dibantu oleh puluhan mesin, dikerahkan untuk menjinakkan kebakaran hutan di wilayah Achaia, yang menyebar dengan cepat ke distrik terdekat Ilia dan berkobar tak terkendali.

Juru bicara pemadam kebakaran Yunani Vasilis Vathrakogiannis mengatakan, “Semua pihak melakukan upaya super untuk menjinakkan mereka,” di tengah kecepatan angin yang mencapai 120 kilometer per jam (75 mph), ketika sekitar 45 kebakaran hutan terjadi di negara itu dalam beberapa jam.

Kebakaran hutan sering terjadi di negara Mediterania, namun kebakaran hutan menjadi lebih dahsyat karena musim panas menjadi lebih panas, kering, dan berangin, yang oleh para ilmuwan dikaitkan dengan perubahan iklim.

Penduduk di beberapa desa di daerah yang terkena dampak kebakaran disuruh meninggalkan rumah mereka, sementara beberapa di antaranya menggunakan ember kecil untuk membantu pemadaman kebakaran.
Televisi Yunani menayangkan bagian dalam rumah batu yang musnah dilalap api.

Pasukan perlindungan sipil telah bersiaga karena risiko kebakaran hutan masih tinggi pada hari Sabtu, kata Vathrakogiannis dalam pengarahan yang disiarkan televisi.

Satu kebakaran hutan yang sempat mengancam rumah-rumah di kota pesisir dekat Athena berhasil diatasi pada Jumat pagi, kata pemadam kebakaran.

FOLLOW US