• Musik

Swifties yang Menonton Eras Tour Taylor Swift Sebabkan `Gempa` di Skotlandia

Tri Umardini | Sabtu, 15/06/2024 11:30 WIB
Swifties yang Menonton Eras Tour Taylor Swift Sebabkan `Gempa` di Skotlandia Swifties yang Menonton Eras Tour Taylor Swift Sebabkan `Gempa` di Skotlandia (FOTO: GETTY IMAGE/TAS MANAGEMENT)

JAKARTA - Taylor Swift mengguncang para penggemarnya di Edinburgh akhir pekan lalu ketika mereka benar-benar mengguncang kota Skotlandia itu sendiri.

Swifties menari begitu banyak selama pertunjukan Eras Tour superstar global itu Jumat lalu (6/6/2024) di Stadion Murrayfield sehingga menyebabkan aktivitas seismik dari jarak 6 km (atau 3,7 mil), menurut British Geological Survey (BGS).

Konser Jumat malam “adalah yang paling energik” dari ketiga pertunjukan yang dia mainkan selama akhir pekan dengan pergerakan 23,4 nanometer (nm).

Namun, pertunjukan hari Sabtu dan Minggu (7-8 Juni 2024) tidak ketinggalan, masing-masing hadir pada 22,8 nm dan 23,3 nm.

Selain itu, badan pemantau gempa nasional Inggris melaporkan bahwa “…Ready For It?”, “Cruel Summer” dan “Champagne Problems” menghasilkan aktivitas seismik paling banyak setiap malamnya.

Sebutan terhormat termasuk “Shake It Off,” “But Daddy I Love Him” dan “Getaway Car.”

Pada hari Jumat, “… Ready For It?” menghasilkan aktivitas 160 denyut per menit, yang mentransmisikan daya sekitar 80 kW. Menurut BGS, jumlah ini “setara dengan sekitar 10-16 aki mobil”.

Meskipun pembangkitannya sangat mengesankan, BGS melaporkan bahwa getaran tersebut “tidak mungkin dirasakan oleh orang lain selain orang-orang di sekitar.”

Penggemar Taylor Swift sepertinya tidak pernah ketinggalan — dan dia memuji mereka setelah waktunya di Skotlandia.

Edinburgh!!! Anda benar-benar membuat saya terpesona akhir pekan ini, tulisnya di Instagram, Senin (10/6/2024).

“Terima kasih telah memecahkan rekor kehadiran sepanjang masa untuk pertunjukan stadion di Skotlandia 3 kali berturut-turut 🤯dan atas semua cara Anda membuat kami merasa seperti di rumah sendiri.”

Setiap pertunjukan dihadiri minimal 73.000 orang, menurut CNBC. Tiga konser Taylor Swift kini menjadi yang paling banyak dihadiri dalam sejarah Skotlandia.

Ini bukan pertama kalinya tur pemenang Grammy berusia 34 tahun itu menyebabkan aktivitas seismik – Swifties menari begitu banyak selama konsernya di Seattle pada Juli 2023 hingga menghasilkan gempa berkekuatan 2,3 SR.

Penggemar Taylor Swift sepertinya tidak pernah ketinggalan — dan dia memuji mereka setelah waktunya di Skotlandia.

Dia kemudian menggambarkan tur tersebut sebagai “hal yang paling melelahkan, mencakup segalanya, namun paling menggembirakan, paling bermanfaat, dan paling menakjubkan” yang pernah terjadi padanya.

Taylor Swift memulai Eras Tour pada Maret 2023 dengan berkeliling Amerika Utara sebelum membawanya ke luar negeri.

Dia telah merilis “Speak Now (Taylor’s Version)” dan “1989 (Taylor’s Version),” ditambah album studio kesebelasnya, “The Tortured Poets Department.” (*)

FOLLOW US