• News

Asia Bersiap Hadapi Panas Ekstrem, Saat Ini Suhu di China Capai Rekor 42 Derajat

Yati Maulana | Kamis, 13/06/2024 03:03 WIB
Asia Bersiap Hadapi Panas Ekstrem, Saat Ini Suhu di China Capai Rekor 42 Derajat Retakan terjadi di dasar sungai yang sebagian mengering di Sungai Gan, di Nanchang, provinsi Jiangxi, Tiongkok, 28 Agustus 2022. REUTERS

BEIJING - Suhu mencapai rekor tertinggi di wilayah utara dan tengah Tiongkok pada minggu ini, sementara kekeringan parah di wilayah timur juga mengancam tanaman pangan, seiring negara-negara di Asia bersiap menghadapi cuaca ekstrem pada musim panas mendatang.

Tiongkok menghadapi panas terik selama beberapa hari, dengan suhu diperkirakan mencapai 42 derajat Celcius (107,6°F) di provinsi utara Hebei pada hari Rabu, kata peramal cuaca negara tersebut.

Pusat Meteorologi Nasional (NMC) pada Selasa malam juga memperingatkan dampak kenaikan suhu terhadap pasokan energi, produksi tanaman, dan kesehatan masyarakat.

Tiongkok mengalami cuaca hangat yang luar biasa hampir sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata dari bulan Maret hingga Mei berada pada titik tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 1961, menurut data resmi.

Lebih dari 20 stasiun cuaca di provinsi Hebei utara dan provinsi Shandong timur mencatat rekor suhu musiman tertinggi selama sepuluh hari pertama bulan Juni, kata NMC awal pekan ini.

India Utara juga berada di tengah gelombang panas yang berkepanjangan, dengan suhu melebihi 50C pada akhir Mei. Negara ini telah mencatat hampir 25.000 kasus serangan panas dan 56 kematian sejak bulan Maret, menurut pusat pengendalian penyakit nasional pada tanggal 1 Juni.

Panas yang memecahkan rekor melanda sebagian besar Asia pada bulan April, menewaskan ratusan orang, merusak tanaman dan memaksa sekolah-sekolah tutup. Para ilmuwan mengatakan gelombang panas menjadi lebih buruk – dan lebih mungkin terjadi – karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Suhu yang melonjak akan terus menyelimuti Tiongkok utara hingga tanggal 20 Juni di mana suhu dapat mencapai atau melampaui suhu tertinggi dalam sejarah di Hebei, Shanxi, serta provinsi Henan tengah, kata NMC.

Di Kabupaten Mengyin di Shandong, pemerintah daerah harus mengambil tindakan seperti menciptakan hujan buatan untuk memerangi kekeringan parah yang luar biasa tahun ini, media lokal melaporkan.

FOLLOW US