• Info DPR

Komisi V Janji Perjuangkan Peningkatan Anggaran BMKG dan BNPP

Aliyudin Sofyan | Minggu, 09/06/2024 15:17 WIB
Komisi V Janji Perjuangkan Peningkatan Anggaran BMKG dan BNPP Anggota Komisi V DPR RI Roberth Rouw. Foto: dpr

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw memimpin Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Jakarta, Kamis (5/6/2024).

Dalam rapat ini Komisi V mengevaluasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2024 Sampai Bulan Mei 2024, lebih lanjut rapat ini juga melakukan Pembicaraan Pendahuluan RKA K/L dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2025.

Secara umum Komisi V akan memperjuangkan peningkatan anggaran BMKG dan BNPP/Basarnas untuk membiayai program prioritas nasional.

"Komisi V DPR RI bersama dengan BMKG dan BNPP/Basarnas akan memperjuangkan peningkatan anggaran untuk membiayai program-program prioritas nasional dan program berbasis Masyarakat, sesuai mekanisme pembahasan RUU tentang APBN TA 2025 di DPR RI," papar Roberth seperti dilansir dpr.go.id, Minggu (9/6/2024).

Dalam rapat ini juga diungkapkan bahwa, Komisi V DPR RI mendukung upaya BMKG dalam peningkatan dan pemenuhan anggaran khususnya Kedeputian Bidang Modifikasi Cuaca demi mencegah kerugian negara akibat KARHUTLA yang pada tahun 2015 sebesar Rp220 Triliun.

Lebih lanjut, Komisi V DPR RI mendukung upaya BNPP/Basarnas untuk peningkatan anggaran demi pemenuhan standar sarana, prasarana dan SDM SAR yang telah menjadi mandatory. Tak hanya itu Komisi V DPR RI sepakat dengan BMKG dan BNPP/ Basarnas untuk menyesuaikan program dan kegiatan berskala nasional termasuk program berbasis masyarakat dalam RAPBN TA 2025 sesuai saran dan masukan Komisi V DPR RI sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

FOLLOW US