• Gaya Hidup

Komisi III Dalami Komitmen Capim KPK

Budi Wiryawan | Rabu, 11/09/2019 11:06 WIB
Komisi III Dalami Komitmen Capim KPK Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Hery

Jakarta - Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Hery mengatakan, komisi yang membidangi hukum itu akan mendalami visi misi serta makalah yang telah dibuat oleh seluruh Capim KPK.

"Saat plaksanaan uji kelayakan ini kami akan melakukan pendalaman baik terkait profile assesment yang dari Pansel kemudian terkait dengan makalah serta komitmen mereka terhadap agenda pemberantasan korupsi melalui KPK," kata Herman, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/9).

Selain itu, kata Herman, seluruh masukan yang disampaikan masyarakat sipil juga akan menjadi masukan dan pertimbangan bagi Komisi III DPR saat menentukan pilihan terhadap lima dari 10 Capim KPK jilid V.

"Tentu masukan dari masyarakat sipil akan menjadi pertimbangan kami," tegas politisi PDI Perjuangan asal Nusa Tenggara Timur itu.

Kata Herman, seluruh anggota Komisi III DPR akan diberi kebebasan menggunakan haknya yang diatur oleh konstitusi untuk menguji para kandidat Capim KPK.

"Saya kira pertanyaannya akan bebas saja ya. Seluruh anggota memiliki hak untuk bertanya tanpa ada intervensi dari pihak manapun," katanya.

Berikut lima Capim KPK yang menjalani uji kelayakan dan kepatutan KPK hari ini:

1. Nawawi Pamolango (hakim)
2. Lii Pintauli Siregar (advokat)
3. Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).
4. Nurul Ghufron (dosen)
5. I Nyoman Wara (auditor BPK)