• Gaya Hidup

Cuma Lima Menit Kamu Dapat Lakukan Lima Hal Positif Ini

Syafira | Minggu, 29/03/2020 05:11 WIB
Cuma Lima Menit Kamu Dapat Lakukan Lima Hal Positif Ini Ilustrasi Kelelahan bekerja

Jakarta, Katakini.com – Tidak disadari bahwa sebenarnya kita harus menghargai waktu yang kita jalani setiap hari. Pergunakan waktu sebaik-baiknya adalah suatu hal yang bijak.

Apakah kamu penah mendengar seseorang mengeluh bahwa waktunya telah terbuang dengan sia-sia? Sebenarnya itu disebabkan ia tidak dapat memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Bisa saja disela-sela waktu luangnya dimanfaatkan untuk hal yang positif, sehingga waktu tidak terbuang begitu saja.

Berikut Dailymail memberikan beberapa solusi sederhana dalam mengisi waktu senggangmu hanya dalam waktu lima menit saja :

1. Sambung komunikasi dengan keluarga

Dalam waktu sibukmu tentu saja ada waktu jeda sejenak yang dapat dimanfaatkan untuk memberi kabar kepada keluarga terdekat, seperti orang tua. Cukup lima menit saja kamu menelepon mereka, akan membuat hatimu tenang dan tentu saja terjalin hubungan yang baik dengan keluarga. Sekedar menanyakan kabar dan kegiatan mereka serta bercanda sejenak, dapat membuat pikiranmu menjadi lebih rileks.

2. foto lingkungan sekitar untuk diabadikan

Kamu dapat melatih kreatifitas yang kamu miliki dengan memfoto beberapa objek yang ada di sekitar. Kamupun akan menjadi lebih sensitif dengan lingkungan serta kemampuan fotografi. Kamu akan menyadari ternyata banyak keindahan serta keunikan yang selama ini terlewatkan.  

3. Olahragakan mata

Kamu yang selalu melakukan pekerjaan di depan computer, harus tetap menjaga kesehatan mata. Layar digital membuat mata kita cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat sejenak. Olahraga mata mudah untuk dilakukan dan sesering mungkin diulang untuk membantu meringankan rasa lelah di mata. Lakukan dengan melihat ke atas dan ke bawah, kiri ke kanan, lalu coba menggerakkan bola mata membentuk lingkaran, kemudian melihat objek yang berada di kejauhan.  

4. Olahraga ringan

Kamu akan takjub begitu merasakan manfaat dari olahraga ringan yang kamu lakukan secara rutin. Tubuh akan lebih segar serta membangkitkan semangat dalam melakukan semua aktifitas. Hanya dengan lima menit kamu dapat lakukan beberapa gerakan olahraga sederhana, seperti loncat ringan, push up, berjalan sambil jongkok, kemudian selingi dengan istirahat selama beberapa detik. Jika tubuh terasa kaku karena terlalu lama duduk, dapat lakukan peregangan otot untuk melancarkan aliran darah.

5. Instropeksi diri

Hal ini diperlukan untuk mengkoreksi diri apa saja yang telah kamu kerjakan. Segala kegagalan yang kamu alami dapat dipikirkan secara tenang dan segera memperbaikinya. Dalam perenungan tersebut terkadang muncul ide-ide cemerlang yang dapat kamu wujudkan menjadi nyata. Dengan instropeksi dapat pula menemukan kesalahan yang pernah kamu lakukan, kemudian berpikir positiflah untuk merubah menjadi pribadi yang lebih baik dan menyenangkan. Tentu saja, tetap menjadi diri sendiri ya.