• News

Jepang Bantah Olimpiade Akan Dibatalkan

James Ahmad | Rabu, 26/02/2020 19:23 WIB
Jepang Bantah Olimpiade Akan Dibatalkan Lambang olimpiade

Tokyo, Katakini.com - Kepala Eksekutif Komite Penyelenggara, Toshiro Muto memastikan pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpiade 2020 tetap berjalan sesuai jadwal sebelumnya.

Pernyataan ini disampaikan pada Rabu (26/2) siang, di tengah wabah virus corona yang dikhawatirkan dapat mengganggu jalannya pelaksanaan kompetisi bergengsi tersebut.

"Sikap dasar komite adalah bahwa Olimpiade dan Paralimpiade akan berjalan sesuai rencana," kata Toshiro dilansir dari Channel News Asia.

Sebelumnya, anggota Komite Olimpiade Internasional, Dick Pound kepada Associated Press mengatakan bahwa Olimpiade berpeluang batal akibat penyebaran virus corona baru.

"Olimpiade akan lebih mungkin dibatalkan dari pada ditunda atau dipindahkan, jika virus memaksa perubahan dalam jadwal," ujar Pound.

Diketahui, jumlah kematian akibat virus corona baru masih menunjukkan peningkatan. Hingga Rabu (26/2) sore ini, total korban tewas mencapai 2.769 orang.

Mengutip data terbaru di worldometer, jumlah orang terinfeksi virus mematikan ini masih terus meningkat. Data terakhir menyebut korban terinfeksi sudah mencapai 81.229 orang di seluruh negara.

Selain korban tewas dan infeksi, jumlah korban sembuh juga sedikit mengalami peningkatan dari sehari sebelumnya menjadi 30.306 orang sore ini.

Korban tewas maupun sembuh berpeluang masih akan bertambah, mengingat saat ini terdapat 8.851 orang (18 persen) dalam fase kritis, dan 39.303 orang (82 persen) dalam kondisi ringan.