Jum'at, 28/02/2020 03:20 WIB

  • Gaya Hidup

Rumah Produksi Obama Menangkan Oscar

Selasa, 11/02/2020 11:18 WIB
Rumah Produksi Obama Menangkan Oscar Barack Obama (foto:grid.id)

Jakarta, Katakini.com - "American Factory," film dokumenter pertama yang dirilis oleh Barack Obama dan perusahaan produksi Michelle Obama, Higher Groud, memenangkan Oscar untuk Best Full-Length Documentary.

Film ini dinominasikan bersama dengan "Honeyland," "The Cave," "The Edge of Democracy" dan "For Sama."

Steven Bognar dan Julia Reichert, direktur "American Factory", mengakui karya rekan-rekan nominator lainnya.

"Kami terinspirasi oleh kalian," kata Reichert dilansir Shanghai Daily, Selasa (11/02).

Film Netflix menceritakan sebuah pabrik kaca mobil Ohio yang dijalankan oleh seorang miliarder China dan mengeksplorasi beberapa masalah tepat waktu, termasuk hak-hak pekerja, globalisasi dan otomatisasi.

Industrialis Cina, Cao Dewang, membuka pabrik kaca otomotif, bekas pabrik General Motors, di Moraine, Ohio dengan 2.200 pekerja Amerika dan 200 pekerja China.

Film ini mengambil dari dekat bagaimana dua budaya menyesuaikan satu sama lain. Ketegangan meningkat ketika pabrik pada awalnya tidak memenuhi tujuan produksi, memuncak dalam pertarungan sengit tentang hak untuk berserikat.

Barack Obama memberi selamat kepada para pembuat film “karena telah menceritakan kisah yang begitu kompleks dan menyentuh tentang konsekuensi yang sangat manusiawi dari merenggut perubahan ekonomi.

"Senang melihat dua orang yang berbakat dan benar-benar baik membawa pulang Oscar untuk rilis pertama Higher Ground," katanya.

“Orang-orang mengenakan seragam, meninju jam, berusaha membuat keluarga mereka memiliki kehidupan yang lebih baik. Orang yang bekerja semakin sulit akhir-akhir ini. Kami percaya bahwa segalanya akan menjadi lebih baik ketika pekerja di dunia bersatu."