Jum'at, 28/02/2020 02:49 WIB

  • News

Jika Nelayan China Bandel, Mahfud: Kita Usir Saja

Jum'at, 17/01/2020 12:35 WIB
 Jika Nelayan China Bandel, Mahfud: Kita Usir Saja Menkopolhukam Mahfud MD


Jakarta, Katakini.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersikap tegas terhadap masuknya nelayan China di perairan Natuna. Jika mereka tetap ngotot masuk, maka Indonesia akan melakukan pengusiran.

"Kita usir saja, kan protesnya sudah. Masa protes terus. Kita usir saja, kita halau, dan mereka keluar dari garis ZEE agar mereka tidak berada lagi di Natuna sehingga di laut bebas," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (16/01/2020) malam.

Pada hari yang sama, Mahfud juga menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di Kantor Kemenko Polhukam RI.

Mahfud menjelaskan pada pertemuan tersebut Dubes China juga menyampaikan sudah tidak ada "dispute" soal wilayah dan konflik dengan Indonesia.

"Sikap pemerintah pun jelas, yakni akan tetap menjaga kedaulatan dan hak berdaulat. Ada dua hal, ya, kalau di ZEE itu namanya hak berdaulat. Kalau di wilayah teritori itu wilayah kedaulatan. Kami akan jaga kedua-duanya," katanya.

Diakui Mahfud, Pemerintah China tidak bisa memberikan jaminan bahwa nelayan mereka tidak akan masuk lagi ke wilayah ZEE karena tidak mungkin untuk melarang melaut.

"Ya, kami katakan, kita akan usir. Jadi, tidak ada jaminan apa-apa. Sudah punya sikap masing-masing," katanya.