Kamis, 27/02/2020 06:07 WIB

  • Kesra

Huawei Tertarik Bangun Fiber Optik Trans-Pasifik

Kamis, 29/08/2019 07:09 WIB
Huawei Tertarik Bangun Fiber Optik Trans-Pasifik Huawei ajukan gugatan terhadap Amerika Serikat (Foto: Wang Zhao/AFP)

Santiago - Huawei Technologies Co Ltd menyatakan tertarik untuk membangun kabel fiber optik bawah laut pertama, sepanjang Amerika Selatan dan Asia.

Kepala Eksekutif Huawei di Chile, David Dou Yong, mengatakan bahwa perusahaan itu bersemangat mengikuti proses tender publik, yang diprakarsai oleh Chile pada Juli lalu, dan akan berpartisipasi ketika tawaran pembangunan trans-Pasifik.

"Huawei akan sangat aktif berpartisipasi dalam peluang bisnis ini," kata David dilansir dari CNA pada Kamis (29/8).

"Proses penawaran ini memiliki beberapa langkah. Kami siap dan kami akan mengikuti proses tersebut hingga penawaran, untuk memilih vendor untuk mengimplementasikannya dimulai, dan pasti kami akan menjadi bagian dari proses tender," lanjut dia.

Komentar Huawei datang dua bulan setelah perusahaan telekomunikasi China lainnya, Hengtong Optic-Electric Co Ltd, menandatangani surat perjanjian dengan Huawei untuk membeli 51 persen sahamnya di Huawei Marine Systems Co Ltd, bisnis kabel bawah laut perusahaan, melalui penerbitan uang tunai dan saham.

Langkah ini akan mewakili penjualan aset besar pertama Huawei, sejak Amerika Serikat (AS) menumpahkan tuduhan bahwa perusahaan China tersebut merupakan alat spionase, dan membahayakan keamanan nasional AS.

Sementara saat diminta klarifikasi tentang bisnis kabel fiber optik bawah laut dan implikasinya, Kepala Urusan Publik Huawei, Weiqiang Zou mengatakan kesepakatan itu tidak dikonfirmasi.

"Ini adalah sesuatu yang keluar beberapa bulan lalu tetapi tidak dikonfirmasi dan tidak ada keputusan akhir," tegas Zou.