">
Senin, 23/09/2019 23:39 WIB
  • Umum

Aksi "Spiderman Prancis" Gegerkan Publik Hong Kong

Jum'at, 16/08/2019 13:12 WIB
Aksi "Spiderman Prancis" Gegerkan Publik Hong Kong Aksi French Spiderman di Hong Kong (Foto: CNA)

Hong Kong - Aksi Daredevil Alain Robert sukses menyita perhatian publik Hong Kong. Dia dijuluki "Spiderman Prancis" usai memanjat gedung pencakar langit untuk membentangkan spanduk perdamaian.

Dikutip Channel News Asia, selama mendaki gedung Cheung Kong Center yang terdiri dari 68 lantai, Robert memasang spanduk yang menampilkan bendera Hong Kong dan China, serta dua tangan yang sedang berjabat.

Sebelum pendakian, Robert mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pesan pendakiannya adalah untuk membuat "seruan mendesak untuk perdamaian dan konsultasi antara rakyat Hong Kong dan pemerintah mereka".

"Mungkin apa yang saya lakukan dapat menurunkan suhu dan mungkin tersenyum. Itulah harapan saya," kata Robert dalam pernyataan media.

Aksi Robert sukses mencuri perhatian warga. Dalam gambar yang beredar, tampak sejumlah pejalan kaki mengamati Robert yang sedang berusaha memanjat gedung 68 lantai itu.

Seperti diketahui, Hong Kong luluh lantah oleh aksi protes massal yang berlangsung sejak 10 minggu terakhir. Demonstrasi yang awalnya menuntut dibatalkannya RUU Ekstradisi itu berubah menjadi aksi kekerasan.

Sementara ini bukan aksi pertama Robert. Sebelumnya dia pernah memanjat Cheung Kong Center. Namun Agustus tahun lalu dia dilarang mendaki gedung, setelah didakwa melakukan pendakian ilegal pada 2011 di gedung Hang Seng Bank 27 lantai.